Daftar 34 Negara yang Batasi Perjalanan Maskapai ke China karena Virus Corona

Kompas.com - 07/02/2020, 18:02 WIB
Seorang pekerja dari layanan pembersihan menyemprotkan desinfektan di dalam gerbong kereta sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona yang berasal dari Wuhan, China, di Stasiun Kereta Api Suseo di Seoul, Korea Selatan, Jumat (24/1/2020). Hingga saat ini, sudah 12 negara di berbagai belahan Bumi yang positif mengumumkan terdampak virus corona yang dilaporkan sudah menjangkiti 1.300 orang dan membunuh 41 orang di China. AFP/HONG YOON-GISeorang pekerja dari layanan pembersihan menyemprotkan desinfektan di dalam gerbong kereta sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona yang berasal dari Wuhan, China, di Stasiun Kereta Api Suseo di Seoul, Korea Selatan, Jumat (24/1/2020). Hingga saat ini, sudah 12 negara di berbagai belahan Bumi yang positif mengumumkan terdampak virus corona yang dilaporkan sudah menjangkiti 1.300 orang dan membunuh 41 orang di China.


JAKARTA, KOMPAS.com - Virus Corona telah mendorong puluhan negara dan maskapai penerbangan untuk membatasi perjalanan udara ke China.

Menurut data Cirium yang menyediakan data dan penelitian tentang industri perjalanan mencatat hampir 10.000 penerbangan dibatalkan karena virus corona sejak 31 Januari 2020.

Dilansir Bloomberg, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejauh ini mengatakan bahwa pembatasan perdagangan dan perjalanan seperti itu sebenarnya tidak diperlukan untuk mengendalikan penyebaran virus.

Berikut negara-negara atau wilayah, dan maskapai penerbangan yang membatasi perjalanannya ke China:

1. Australia

Australia akan menolak masuk siapapun yang datang dari China, terkecuali untuk warga negara Australia, penduduk atau anggota keluarga, dan awak pesawat.

Tak hanya itu, peringatan larangan pergi ke China juga sudah dikeluarkan oleh negara Kangguru ini.

Maskapai terbesar Australlia yaitu Qantas Airways Ltd akan menangguhkan ke China mulai 9 Februari 2020.

2. Kanada

Negara ini menyarankan warganya untuk menghindari perjalanan yang tidak penting ke China. Maskapai penerbangan Kanada yaitu Air Canada telah menghentikan penerbangan ke Beijing dan Shanghai.

Penangguhan ini diperkirakan berlangsung hingga 29 Februari 2020.

3. Mesir

Egypt Air menangguhkan penerbangan tanpa batas waktu untuk rute China. Maskapai penerbangan ini terhubung ke beberapa daerah di China yaitu Hangzhou, Beijing, dan Guangzhou.

Halaman:


Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X