Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TRAVEL] Mi Ayam Tumini | Apa Itu Arak?

Kompas.com - 11/02/2020, 06:25 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Ulasan mengenai mi ayam Tumini masuk dalam jajaran berita terpopuler Travel Kompas.com pada Sennin, kemarin. 

Artikel tersebut didasari kabar meninggalnya Bu Tumini, pemilik warung mi ayam yang sohor di Yogyakarta. Bahkan, mi ayamnya terbilang legendaris.

Selain mi ayam Tumini, berita lain yang masuk terpopuler adalah soal arak Bali, kuliner di Pasar Atom Surabaya hingga cara membuat Ramdon, makanan yang muncul dalam film Parasite.

Untuk lebih lengkap, berikut lima berita terpopuler Travel Kompas.com Senin 2 Februari 2020.

1. Viral Bu Timini, Berikut Sepak Terjang Warung Mi Ayam Tumini

Menurut berita dari Kompas.com tahun 2015, diceritakan bahwa warung tersebut berdiri sejak awal tahun 1990-an. Ini lah sepak terjang dari warung mi yang melegenda di Yogyakarta.

Menurut salah satu karyawan warung mi, Waluyo menyebut warung bisa menjual hingga 700 porsi dan menghabiskan 70 kilogram tepung terigu untuk membuat mi. Tak hanya itu, 50 kilogram daging ayam juga menjadi pelengkap bahan-bahannya.

Hampir 30 tahun berlalu, kini warung yang dulunya hanya memiliki satu tempat usaha, sudah membuka satu cabang yaitu di kawasan Jalan Gejayan.

Rasa khas yang dipertahankan mi ayam ini membuat warung dapat bertahan lebih dari dua puluh tahun di tengah banyaknya warung mi ayam lain di Yogyakarta.

Hidangan mi ayam Tumini terkenal karena memiliki khas yaitu ukuran mi yang cukup besar, serta kuah kental dengan warna kecoklatan.

Baca selengkapnya di sini.

2. Pergi ke Pasar Atom Surabaya, Cicipi 5 Kuliner Legendaris Ini

Sajian lontong mi di Lontong Mie Ny. Marlia Pasar Atom.KOMPAS.COM/YUHARRANI AISYAH Sajian lontong mi di Lontong Mie Ny. Marlia Pasar Atom.
Pasar Atom, sebuah pusat perbelanjaan yang ikonik di Surabaya. Bahkan ada penyataan jika belum ke Pasar Atom maka belum ke Surabaya namanya.

Selain menjadi pusat perbelanjaan, pasar yang terletak di bagian utara Surabaya ini merupakan salah satu destinasi kuliner favorit di kota pahlawan.

Jelajah Heritage Makanan yang beragam menjadi alasan mengapa Pasar Atom menjadi salah satu rujukan bagi masyarakat Surabaya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com