Apa Bedanya Cokelat Compound dan Couverture? Pencinta Cokelat Harus Tahu

Kompas.com - 12/02/2020, 17:19 WIB
Ilustrasi cokelat DianaDudaIlustrasi cokelat


JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa jenis cokelat di dunia. Namun jenis cokelat yang umum dijadikan bahan masakan adalah cokelat compound dan cokelat couverture.
Secara garis besar, cokelat couverture adalah campuran cocoa mass dan cocoa butter.

Sementara cokelat compound adalah kombinasi dari cocoa powder dan lemak nabati. Kedua jenis cokelat ini memiliki bahan pembuatan yang berbeda, sehingga cara memprosesnya menjadi makanan pun berbeda pula.

Cocoa mass sendiri sering disebut sebagai cocoa liquor. Bahan ini berbentuk pasta kental dan diperoleh dari biji kakao langsung.

Cocoa liquor kemudian akan diproses kembali menjadi dua jenis bahan, yaitu jadi cocoa butter dan cocoa powder. Dua bahan inilah yang jadi pembeda di antara cokelat couverture dan compound.

Baca juga: Kisah Petani yang Baru Minum Cokelat Setelah Lebih dari 30 Tahun Merawat Kebun Cokelat

Cokelat couverture

Cokelat couverture identik sebagai cokelat dengan tingkat kualitas yang tinggi. Dilansir dari thespruceeats.com, cokelat couverture digiling hingga memiliki tekstur yang sangat bagus pada saat proses produksi.

Cokelat couverture juga memiliki persentase cocoa butter yang sangat tinggi. Bahan ini yang membuat cokelat couverture memiliki rasa yang katanya lebih enak dan tekstur yang baik.

Cokelat couverture paling cocok untuk diolah dengan cara tempering atau dilelehkan. Dengan melelehkan cokelat couverture, cokelat tersebut akan punya tekstur yang lebih bagus dan mengilap.

Tampilan cokelat yang mengilap cocok dijadikan cokelat celup atau beragam lapisan untuk sajian penutup yang cantik.

Baca juga: Cokelat Pink, Jenis Cokelat Terbaru yang Instagramable

Proses tempering cokelat couverture pun tidak bisa sembarangan. Di bakery atau perusahaan besar, cokelat couverture diolah dengan mesin tempering khusus yang bisa menjaga suhu cokelat.

Di Amerika Serikat, ada standar tertentu untuk sebuah cokelat couverture. Cokelat couverture harus mengandung minimal 35 persen cocoa mass dan 31 persen cocoa butter. Beberapa cokelat couverture bahkan ada yang mengandung hingga 39 persen cocoa butter.

Ilustrasi cokelat couverture yang sudah melalui proses tempering lalu dimasukkan ke dalam cetakanShutterstock Ilustrasi cokelat couverture yang sudah melalui proses tempering lalu dimasukkan ke dalam cetakan

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X