Bali Bukan Kota Mati, Masih Tetap Ramai Wisatawan Mancanegara

Kompas.com - 13/02/2020, 21:54 WIB
Ilustrasi wisatawan mancanegara menyaksikan Tari Kecak di Pura Uluwatu. SHUTTERSTOCK/MAZUR TRAVELIlustrasi wisatawan mancanegara menyaksikan Tari Kecak di Pura Uluwatu.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Sabtu (8/2/2020) lalu, Dailymail mengunggah sebuah berita yang mengatakan bahwa Bali dianggap sebagai “kota mati” akibat adanya wabah virus corona yang menghentikan masuknya wisatawan China ke Indonesia.

Baca juga: Antisipasi Virus Corona, Penerbangan Rute China-Indonesia Ditunda Sementara

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa mengatakan bahwa Bali jauh dari kata “kota mati”.

“Bisa dilihat di Kuta dan Sanur. Itu turis selain turis China masih normal di Bali. Dari India, Amerika, Eropa, dari Jepang, itu masih normal kunjungannya. Belum ada yang cancel kunjungan ke Bali. Tapi untuk membuktikan harus melihat ke Sanur, Kuta, di Canggu itu silahkan bisa dilihat kondisi aslinya,” tutur Astawa saat dihubungi Kompas.com, Kamis (13/2/2020).

Meski industri pariwisata Bali masih berjalan normal karena masih disokong oleh pemasukan dari wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus), namun Astawa mengaku bahwa turis dari China mengalami penurunan.

Terlebih lagi untuk beberapa toko yang pasarnya memang 100 persen menargetkan pendapatannya dari wisatawan China.

“Market yang terdampak itu di destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan China. Terutama di pantai-pantai Benoa, lalu ada di Nusa Penida. Itu yang terlihat berkurang,” kata Astawa.

Kegiatan wisatawan China di Bali

Ilustrasi floating restaurant di Danau Batur. SHUTTERSTOCK/DOLLY MJ Ilustrasi floating restaurant di Danau Batur.

Astawa mengatakan bahwa wisatawan China yang kerap berkunjung ke Nusa Penida senang melakukan kegiatan wisata bahari seperti paragliding dan wisata bawah laut.

Dia mengatakan bahwa umumnya mereka senang menyelam untuk menikmati keindahan alam bawah laut.

Tidak hanya itu, mereka juga senang berkunjung ke restoran seafood dan ke beberapa pura di Bali.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X