Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Starbucks Indonesia Pakai Sedotan Kertas Mulai Februari 2020

Kompas.com - 14/02/2020, 08:20 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Starbucks Indonesia mengumumkan semua gerainya secara bertahap akan mengganti sedotan plastik dengan sedotan kertas mulai Februari 2020.

Melalui gerakan ini, lebih dari 30 juta sedotan plastik akan berkurang setiap tahunnya.

Inisiatif penggunaan sedotan kertas pertama kali pada 1 Oktober 2018 melalui gerakan Greener Nusantara di Bali. Kemudian berlanjut di Labuan Bajo, Lombok, dan Bandung pada bulan September 2019.

"Sebagai bagian dari masyarakat, kami berupaya untuk mendukung program dan gerakan dari pemerintah, termasuk saat ini adalah gerakan untuk mengurangi sampah di Indonesia,” kata Anthony Anthony Cottan, Director Sari Coffee Indonesia, pemegang lisensi Starbucks di Indonesia.

Baca juga: Starbucks Korea akan Pekerjakan Barista Penyandang Disabilitas

Selain itu, Starbucks juga secara proaktif akan mensosialisasikan penggunaan gelas For Here untuk setiap minuman yang dikonsumsi di dalam gerai.

Sementara untuk minuman yang dikonsumsi di luar gerai, yakni program Bring Your Own Tumbler yang sudah berjalan selama 11 tahun.

"Kami akan terus mensosialisasikan dan mengajak para pelanggan dalam mengurangi sampah dengan cara menggunakan gelas For Here ketika menikmati minuman Starbucks di dalam gerai yang akan mengurangi penggunaan sampah gelas sekali pakai," ujar Andrea Siahaan, Senior General Manager, Pr & Communications Sari Coffee Indonesia.

Baca juga: Uniknya Starbucks Kawagoe Kanetsuki Dori, Perpaduan Timur dan Barat

Starbucks Rachel ZoeStarbucks Indonesia Starbucks Rachel Zoe
Baca juga: Starbucks Kenalkan 2 Minuman Baru di Awal Tahun 2020, Mau?

Andre menambahkan, Greener Nusantara akan terus berkembang yang difokuskan pada peningkatan kegiatan untuk lingkungan yang lebih baik.

Adapun kegiatan tersebut mulai dari pemilahan sampah, daur ulang sampah plastik, pemanfaatan ampas kopi ataupun program tata kelola sisa makanan.

"Saat ini, berbagai inisiatif tersebut sedang kami pelajari dan tinjau secara konsisten," ucap Andre.

Baca juga: Starbucks Reserve Medan Dibuka, Apa yang Menarik?

Salah satu langkah pada Greener Nusantara selaras dengan inisiatif Starbucks global untuk menyingkirkan penggunaan sedotan plastik pada akhir tahun 2020.

Menyambut hari jadi Starbucks yang ke-50 pada tahun 2021, perusahaan tersebut telah mengumumkan sebuah aspirasi multi-dekade pada Januari lalu untuk menjadi sebuah perusahaan yang bersumber daya positif (a resource-positive company).

Kemudian memberikan lebih banyak kepada planet ini daripada yang telah diambil - dengan menyimpan lebih banyak karbon daripada yang dipancarkan, mengurangi limbah serta menyediakan air bersih daripada yang digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com