Kompas.com - 14/02/2020, 10:11 WIB
Aktivitas jeep di Jurang Jero di area Taman Nasional Gunung Merapi. Dok. Taman Nasional Gunung MerapiAktivitas jeep di Jurang Jero di area Taman Nasional Gunung Merapi.


JAKARTA, KOMPAS.com - Jalur pendakian Gunung Merapi via Selo dan Sapuangin masih ditutup untuk umum sejak Mei 2018.

Terlebih dengan adanya letusan pada Kamis (13/2/2020) pukul 05.16 WIB semakin membuat pendaki mengurungkan niat pendakian.

Mereka terpaksa kembali menunda waktu untuk wisata alam di Puncak Gunung Merapi. Namun, jangan khawatir, karena masih banyak tempat wisata sekitar Gunung Merapi yang masih bisa dikunjungi.

Baca juga: Pasca Erupsi Gunung Merapi, Obyek Wisata di Sekitarnya Terpantau Aman

Adapun tempat wisata tersebut juga tak kalah menarik dan menakjubkan. Kompas.com merangkum enam tempat wisata di sekitar kawasan Gunung Merapi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Tak perlu lah ke luar negeri, jika hanya ingin menikmati suasana musim gugur a.k.a autumn. Kalau disana yang berguguran tu daun maple, di sini daun cendana putih atau Icaena sp. .. .. ???? Tlogo Muncar, Kaliurang, Sleman ???? @lanank_kurniawan .. .. #tlogomuncar #kaliurang #sleman #yogyakarta #tngm #gunungmerapinationalpark #klhk #ksdae #ayoketamannasional

A post shared by BTN Gunung Merapi (@btngunungmerapi) on Dec 20, 2019 at 3:56am PST

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. OWA Tlogo Muncar dan Nirmolo

Tempat wisata yang merupakan Obyek Wisata Alam (OWA) ini berada di Kaliurang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nama tempat ini adalah Tlogo Muncar.

Tlogo Muncar terkenal dengan tempat wisata air terjunnya yang menakjubkan. Sebelum sampai ke air terjun, kamu harus menaiki tangga batu terlebih dulu.

Kamu akan disambut oleh monyet ekor panjang yang merupakan satwa asli penghuni Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) ketika menaiki tangga. Monyet tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata alam setempat.

Baca juga: 6 Tempat untuk Menikmati Suasana Gunung Merapi

Sepanjang perjalanan menuju air terjun selalu terdapat pedagang yang dapat menghilangkan rasa haus dan laparmu.

Jika kamu menyukai hawa dingin, bisa datang pada saat musim penghujan karena bisa melihat keindahan dan merasakan sejuknya air terjun.

Selain itu, ada juga Nirmolo Kaliurang yang menjadi tempat pintu masuk menuju Goa Jepang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.