Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Wabah Virus Corona, Ini Cara Aman Traveling Menurut Dokter

Kompas.com - 15/02/2020, 13:40 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Virus corona yang sedang mewabah saat ini menimbulkan cukup banyak ketakutan pada masyarakat Indonesia untuk liburan ke luar negeri.

Banyak terjadi pembatalan dan permintaan refund untuk paket tur dan tiket pesawat yang sudah dipesan sebelumnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Astindo Pauline Suharno kala ditemui dalam acara media briefing Astindo Travel Fair 2020 di Hotel Santika Hayam Wuruk, Selasa (11/2/2020).

Menurut Pauline, 'badai' refund ini terjadi karena masyarakat yang terlampau takut terhadap virus corona.

Baca juga: Virus Corona Tidak Bikin Ciut Niat Traveler Indonesia untuk Liburan

Padahal, adanya virus corona ini bukanlah sesuatu yang perlu ditakuti secara berlebihan. Selain itu, banyak beredarnya informasi bohong soal virus corona ini juga memicu adanya kesalahpahaman mengenai hal ini.

Hal tersebut diamini oleh DR dr Erlina Burhan, MSc Sp.P (K), dokter dari Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Rumah Sakit Persahabatan.

Baca juga: Travel Ban Australia Terkait Corona, Pariwisata Rugi Rp 9 T Per Minggu

Dalam kesempatan yang sama, dr. Erlina menjelaskan beberapa cara untuk bisa traveling secara aman dan nyaman di tengah virus corona ini.

1. Hindari Hoaks

Bersamaan dengan beredarnya wabah virus corona, tentu saja banyak juga hoaks atau berita bohong yang beredar soal hal tersebut. Kamu harus benar-benar selektif dalam menerima berita.

Pastikan lebih dulu apakah berita tersebut hoaks atau bukan.

“Ada yang bilang corona virus itu menular dari buah impor China, atau telepon merek China. Itu semua hoaks. Jadi harus pastikan dulu karena corona berasal dari hewan lalu menyebar ke manusia dan sekarang sudah bisa menyebar antar manusia,” ujar dr. Erlina.

Baca juga: Industri Durian di Malaysia Terkena Dampak Wabah Virus Corona

Pastikan situs berita atau sumber berita tempat kamu mendapatkan informasi sudah kredibel atau bisa dipercaya. Sebaiknya juga lakukan riset tentang negara tujuan.

Pastikan negara tujuanmu itu aman untuk dikunjungi.

Penumpang kereta di Shanghai, China Memakai Masker Pelindung pada Minggu, 9 Februari 2020Noel Celis / AFP - Getty Images Penumpang kereta di Shanghai, China Memakai Masker Pelindung pada Minggu, 9 Februari 2020
2. Gunakan masker

Selanjutnya adalah menggunakan masker. Di mana pun kamu berada, sebaiknya gunakan masker untuk melindungi dirimu sendiri dan orang lain.

Bukan hanya virus corona saja, juga ketika kamu sedang sakit flu biasa atau batuk untuk mencegah penularan ke orang lain.

"Virus corona menginfeksi saluran napas. Jadi bisa menular lewat droplet (tetesan) ludah manusia yang keluar ketika bicara, bersin, atau batuk. Sebaiknya pakai masker kemana pun karena masker bagian dalamnya menyerap air, bisa menyerap droplet yang keluar," jelas dr. Erlina.

Baca juga: Gara-gara Virus Corona, Hilton Tutup 150 Hotel di China

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com