Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, 3 Tips Pilih Menu Makanan Pernikahan di Hotel

Kompas.com - 15/02/2020, 14:10 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com  - Selain upacara pernikahannya, makanan menjadi hal yang selalu ditunggu-tunggu oleh para tamu undangan. Oleh karena itu, calon mempelai harus jauh-jauh hari mempersiapakan makanan yang ada di hari pernikahannya.

Saat persiapan, calon mempelai harus memikirkan makanan apa saja yang ada dalam pernikahannya.

Kompas.com merangkum tips memilih makanan di hotel untuk pernikahan.

Baca juga: Ingin Menikah di Hotel? Ini Budget dan Fasilitasnya

1. Menu makanan yang akrab dengan keluarga dan tamu

Erli Marliani, Director of Mice Ibis Bandung Trans Studio, menyarankan jika makanan yang dihidangkan merupakan makanan yang akrab bagi keluarga dan tamu undangan. Sebagai contoh saat satu keluarga tidak dapat memakan hidangan tertentu bisa meminta diganti dengan makanan lain.

“Biasanya satu ayam, satu ikan, satu sapi. Kalau di keluarga calon pengantin enggak makan ikan, maka kita ganti dengan main course lain,”Erli Marliani, Director of Mice Ibis Bandung Trans Studio, saat ditemui Kompas.com, Rabu (12/02/2020).

Ia akan mengatakan kepada chef dalam hotel tersebut dan ahli masak akan menganti menunya dengan yang diinginkan calon pengantin.

Baca juga: Ingin Menikah di Hotel? Ini Budget dan Fasilitasnya

Selain itu Erli juga sering menemui keluarga yang menginginkan masakan tradisional di acara pernikahan. Calon mempelai dari keluarga Sunda biasanya ingin ada sentuhan khas Sunda dalam makannnya seperti nasi putih diganti nasi bakar cumi, nasi tutug oncom.

2. Cari makanan favorit

Sitta Nurhasanah Cluster Senior Sales Manager Novotel Bogor Golf Resort dan Convention Center Ibis Styles Bogor Raya menjelaskan makanan yang sering dipesan saat acara nikahan di hotel.

"Selain beef black paper, ada duck roasted, lalu untuk stall-nya yang favorit itu ada bakso, ice cream, dan soto. Buffet itu makan beratnya yang favorit juga ada chicken lemon sauce," jelas Sitta Nurhasanah Cluster Senior Sales Manager Novotel Bogor Golf Resort dan Convention Center Ibis Styles Bogor Raya, saat ditemui oleh Kompas.com, Rabu (12/02/2020).

Baca juga: Mengenal Dessert Vegan, Makanan Manis tapi Tetap Sehat

Ia juga menjelaskan jika dalam sebuah pesta pernikahan, main course ada beberapa pilihan untuk varian ayam, daging, dan ikan. Calon mempelai bisa memilih menu dari hidangan pembuka dan penutup.

Buffet di Santika Premiere dyandra HOTEL & CONVENTION MedanDok. Santika Premiere dyandra HOTEL & CONVENTION Buffet di Santika Premiere dyandra HOTEL & CONVENTION Medan
3. Pilih paket buffet

Selain itu, banyaknya makanan juga tergantung dengan budget. Jika paket lebih murah, pilihan makannnya juga lebih sedikit dari paket lebih mahal.

Untuk lebih murah dan banyak pilihan, calon pengantin bisa memilih paket buffet.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com