Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Random dari Film Parasite Mendunia, Nongshim Bagikan Video Resepnya

Kompas.com - 16/02/2020, 09:05 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kemenangan film asal Korea Selatan, “Parasite”, karya sutradara Bong Joon-Ho di ajang penghargaan Oscar 2020, membuat beberapa produsen makanan semakin gencar mempromosikan produknya.

Baca juga: Mengenal Ramdon, Makanan Simbolis di Film Peraih Oscar Parasite

Salah satunya produsen mi instan, Nongshim. Jika kamu belum nonton film ini dan mungkin bertanya-tanya apa hubungannya, hal ini berhubungan dengan adegan makanan ramdon yang muncul di film “Parasite”.

Melansir The Korea Herald, Jjapaguri (dalam subtitle Bahasa Inggris disebut "ramdon") adalah campuran dari mi instan kacang hitam Chapaghetti dengan sup berbahan dasar ramen Neoguri.

Keduanya adalah produk mi instan dari Nongshim. Dalam film "Parasite", mi itu diberi potongan daging sapi has dalam (sirloin steak), untuk menggambarkan pembagian kelas sosial yang terjadi di masyarakat Korea Selatan.

Resep ini pun menjadi viral dan banyak orang mencoba membuatnya di rumah. Adanya perhatian masyarakat dunia itulah membuat Nongshim mengunggah sebuah video di YouTube pada Selasa (4/2/2020) lalu.

Video tersebut menjelaskan bagaimana cara membuat Jjapaguri. Uniknya, dalam video tersebut berisi subtitle dalam 11 bahasa termasuk Bahasa Indonesia.

Selain Bahasa Indonesia, bahasa-bahasa tersebut antara lain Bahasa Inggris, China, Taiwan, Thailand, Vietnam, Jerman, Myanmar, Spanyol, dan Portugis.

“Kemunculan Jjapaguri dalam film tersebut bukanlah sebuah iklan atau penempatan produk. (Kepopuleran Jjapaguri),'' tutur seorang petinggi Nongshim kepada The Korea Herald.

Baca juga: Cara Membuat Ramdon, Makanan Orang Kaya di Film Parasite

"Sama seperti bagaimana drama Korea membuat chimaek (ayam goreng dan bir) populer,” tambahnya.

Dia juga menambahkan bahwa konten kebudayaan merupakan cara yang bagus untuk mempromosikan boga Korea.

Demi semakin memuaskan rasa penasaran penonton dari negara lain, Nongshim juga menawarkan produk mi instan mereka secara gratis yang dilengkapi dengan resep pembuatannya.

Negara pertama yang dituju adalah Inggris karena film Parasite mulai masuk bioskop setempat Jumat (7/2/2020) lalu.

Sehari setelah “Parasite” berhasil menyabet empat penghargaan Oscar, steak sirloin Jjapaguri yang terkenal tersebut dihidangkan di kafeteria CJ ENM.

CJ ENM adalah perusahaan afiliasi hiburan CJ Group yang merupakan distributor investasi “Parasite”.

Promo dari Nongshim(Nongshim) Promo dari Nongshim

Paduan Chapaghetti dan Neoguri

Kendati Chapaghetti dan Neoguri terlihat seperti sesuatu yang baru di kalangan masyarakat global, tetapi mereka telah menjual produk selama hampir tiga dekade di pasar mi instan Korea Selatan senilai 1.69 miliar dollar AS atau sekitar Rp 23 triliun.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com