Sejarah Macaron, Kue yang Jadi Tantangan Peserta MasterChef Indonesia

Kompas.com - 16/02/2020, 18:02 WIB
Macaron with Nitrogen Ice Cream KOMPAS.com/GLORI K WADRIANTOMacaron with Nitrogen Ice Cream

KOMPAS.com  - Kue macaron menjadi tantangan para peserta MasterChef Indonesia di sesi preassure test yang tayang Sabtu (15/2/2020).

"Preassure test di sini adalah shell atau cangkangnya...," kata salah satu juri MasterChef, Chef Arnold. 

Ia juga menyebutkan peserta harus fokus membuat isian sembari membuat cangkang macaron. 

Berbentuk bulat, identik dengan warna-warni, memiliki rasa yang sangat manis adalah daya tarik dari macaron.  Warnanya yang mencolok sering kali membuat pecinta dessert tak tahan untuk mencobanya.

Menurut kamus Merriam Webster, macaron adalah kue sandwich dengan cangkang luar ringan diapit, memiliki isian, dan berwarna cerah.

Cangkang macaron yang ringan terbuat dari adonan putih telur, gula, dan tepung almond, meringue dan isian manis seperti ganache, buttercream, atau selai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir The Culture Trip, makanan manis ini merupakan salah satu hidangan penutup Perancis yang paling terkenal dan harganya lumayan mahal.

Baca juga: Wow, Monas Terbuat dari 20 Ribu Macaron

 

Rasa manis macaron berasal berbagai bahan dasar, misalnya karamel asin klasik. lavender dan madu, stroberi, serta masih banyak lagi.

Macaron kadang kala disamakan dengan kue macaroon. Meski namanya hampir sama, macaron dan macaroon memiliki perbedaan yang sangat jauh. Macaroons sendiri terdiri dari tumpukan parutan kelapa kecil dan slapdash, dan sering dicelupkan ke dalam cokelat.

Sejarah macaron

Macaron pertama yang diketahui di Eropa sejak Abad Pertengahan. Pada saat itu, macaron adalah kudapan manis berukuran kecil yang terbuat dari almond, putih telur dan gula, yang renyah di bagian luar dan lunak di bagian dalam.

Baca juga: Sejarah Cokelat Bisa Ada di Indonesia

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.