Makan Makanan Manado Sepuasnya di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel

Kompas.com - 16/02/2020, 19:01 WIB
Ikan tuna dabu-dabu di Anigre Restaurant. Dok. Sheraton Grand Jakarta Gandaria City HotelIkan tuna dabu-dabu di Anigre Restaurant.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel menyelenggarakan Manado Food Festival (Festival Makanan Manado) dari 15-16 Ferbuari 2020 dan 21-23 Februari 2020 di Agnire Restaurant.

Untuk acara ini, Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel memboyong koki dari Four Points by Sheraton Manado, Chriswan Boham.

"Makanan Manado ini sebenarnya adalah makanan khas Minahasa, terkenal dengan rasanya yang pedas dengan rempah-rempah yang banya menafaatkan bagian daun," kata Chriswan, ditemui di Agnire Restaurant Jumat (15/2/2020).

Baca juga: 7 Food Truck Terkenal di Bangkok, Jual Makanan Lezat dengan Konsep Unik

Bagi pencinta makanan Manado yang terkenal pedas, jangan lewatkan berbagai sajian dengan rasa otentik. Ada mi cakalang, bubur manado (tinutuan), rica-rica sapi, sop tuna kuah asam, perkedel milu, nasi goreng rica, ayam tuturaga, dan masih banyak lagi.

Kompas.com mencicipi hampir semua hidangan yang disajikan. Ada beberapa makanan yang direkomendasikan, misalnya gohu tuna alias sashimi ikan tuna yang disiram jeruk nipis. Makanan ini merupakan makanan pembuka khas dari Sulawesi dan Maluku.

Stand bubur manado di Anigre Restaurant. Dok. Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Stand bubur manado di Anigre Restaurant.

Ada juga mi cakalang dengan rasa kuah yang segar, asam, pedas, aroma yang begitu sedap menyeruak dari berbagai rempah seperti daun jeruk dan ikan cakalang asap. Sambal roa menambah nikmat hidangan ini dengan rasanya yang pedas dan berbau asap.

Sop tuna kuah asam juga layak dicoba. Sebab potongan ikan tuna segar yang dimasak dengan tingkat medium begitu nikmat saat disiram kuah asam dan diberi sambal dabu-dabu terdiri dari tomat, bawang, dan cabai.

Baca juga: 7 Bahan Makanan Super yang Cocok Jadi Isian Cokelat

Hanya perlu perasan jeruk nipis dan cabai rawit yang dihancurkan dengan sendok, jadilah sebuah hidangan yang mengucurkan keringat. Makanan ini cocok disantap saat kondisi Jakarta yang dilanda musim hujan.

"Ada bahan-bahan yang memang saya bawa dari Manado. Seperti daun gedi untuk bubur tidak dijual di Jakarta. Daun ini seperti daun singkong tetapi lebih berlendir khasiatnya bagus untuk kesehatan. Ada juga ikan cakalang asap dibawa dari sana," jelas Chriswan.

Sop kuah asam dan mi cakalang di Anigre Restaurant.Kompas.com/Silvita Agmasari Sop kuah asam dan mi cakalang di Anigre Restaurant.

Sebagai makanan penutup, ada klapertart kue khas Minahasa yang mendapat inspirasi dari makanan Belanda.

Kue ini dimasak dengan air kelapa muda dan daging kelapa muda, sehingga menghadirkan tekstur yang creamy dan manis. Nikmat sebagaia sajian penutup yag tidak membuat enek. Apalgi jika didampingi minuman rempah yang menghangatkan yakni saraba. 

Bisa juga mencicipi empanada, roti yang menyerupai pastel diisi dengan ikan tuna asap, atau ampang yakni kue cubit versi orang Manado yang terbuat dari tepung dan gula merah.

Baca juga: 3 Kuliner Wajib Coba untuk Sarapan di Kota Manado

Kabar gembira semua makanan ini bisa dimakan sepuasnya, karena Agnire Restaurant merupakan hidangan prasmanan dengan layanan ambil sendiri. Selain hidangan Manado juga ada hidangan internasional seperti sushi dan steak.

Manado Food Festival ini disajikan khusus untuk makan siang dan makan malam. Untuk menikmatinya dihargai Rp 448.000++ per orang, Bagi anggota Marriot Bonvoy nikmati diskon 20 persen, sementara pemegang kartu kredit BCA Platinum, kartu Maybank, dan kartu Bank Permata, dapatkan promo but one get one berlaku untu.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X