Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 10 Mi Instan Korea Paling Enak, Cocok Jadi Oleh-oleh

Kompas.com - 17/02/2020, 14:07 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Mi instan asal Korea Selatan, ramyun, punya begitu banyak jenis. Saking banyaknya merek dan rasa ramyun di Korea Selatan kadang membuat orang bingung saat ingin membeli. 

Dilansir dari situs The Ramen Rater, dari sekitar 360 jenis mi instan Korea Selatan dan 326 jenis di antaranya telah ia cicipi. Berikut ini daftar 10 mi instan Korea Selatan terbaik tahun 2018 menurut situs The Ramen Rater.

Jenis-jenis mi instan ini bisa juga kamu jadikan oleh-oleh yang murah, sederhana, dan disukai banyak orang di rumah. Namun penting bagi wisatawan Muslim untuk melihat kembali kandungan ramyun Korea Selatan yang kadang mengandung babi.

Baca juga: Selain Ramdon di Film Parasite, Ini 5 Makanan Campur ala Korea

 

Berikut 10 mie instan Korea Selatan atau ramyun terbaik versi The Ramen Rater:

10. Nongshim Shin Ramyun Black

Shin Ramyun Black ini jadi versi upgrade dari Shin Ramyun original. Dalam versi ini terdapat bumbu dasar untuk sup Sul-Long-Tap yang memberikan rasa lebih terhadap kuah mi instan ini. Mi-nya yang tebal dan sedikit rasa pedas menggigit juga punya sensasi yang berbeda.

9. Paldo Cheese Noodle

Paldo Cheese NoodleDok. The Ramen Rater Paldo Cheese Noodle

Paldo Cheese Noodle punya kombinasi antara kuah pedas dengan keju yang kaya rasa. Mi bertekstur tebal dan cukup banyak kuantitasnya. Selain versi ini, ada juga versi lebih pedasnya yaitu Paldo Flaming Hot Savory Cheese Noodle.

8. Nongshim Champong Noodle Soup Spicy Seafood Flavor

Nongshim Champong adalah mi instan kuah dengan rasa seafood pedas. Mi instan ini mengombinasikan rasa asli ramyun Korea tapi mengganti daging yang biasanya digunakan dengan seafood.

Versi ini ternyata cukup baik dengan rasa kenyal dari mi ramyun. Rasanya mirip seperti rebusan seafood. Paling pas jika ditambah topping seafood agar rasanya makin kuat.

Baca juga: 4 Tempat Wisata di Korea Selatan ala Film Parasite

7. Nongshim Neoguri Stir-Fry Noodles Spicy Seafood

Mi instan ini jadi salah satu jenis baru di pasaran. Neoguri Spicy Seafood Soup sudah lama jadi favorit banyak orang. Kini muncul versi kering dari jenis tersebut.

Rasa dari versi “goreng” dari mi instan ini dianggap lebih enak. Pasalnya, terdapat juga topping yang memberikan rasa berbeda pada mi instan ini berupa kue ikan kecil.

6. Paldo Rabokki Noodle

Untuk bisa memahami rasa dari Paldo Rabokki Noodle, kamu harus mencoba tteokbokki dahulu. Tteokbokki sendiri adalah kue beras berbentuk seperti silinder yang bertekstur kenyal.

Biasanya tteokbokki disajikan dengan saus merah kental yang pedas dan manis, serta disajikan dengan kue ikan, telur, dan beberapa bahan lain. Mi ini dipasangkan dengan saus yang biasa dipakai di hidangan tteokbokki dan memberikan representasi yang baik dari tteokbokki.

5. Nongshim Chal Bibim Myun

Nongshim Chal Bibim MyunDok. The Ramen Rater Nongshim Chal Bibim Myun

Mi instan jenis ini adalah mi dingin yang cocok dimakan kapan pun. Namun jika dimakan di musim panas, akan terasa lebih nikmat. Mi ini dilapisi saus pedas manis yang menyegarkan. Mi terasa lebih enak jika dipasangkan dengan timun segar dan telur rebus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com