Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TTC Travel Mart 2020 Fokus Kembangkan Pariwisata untuk Bantu Wuhan

Kompas.com - 17/02/2020, 16:27 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - TTC Travel Mart 2020 kuarter pertama digelar pada Senin (17/2/2020). Acara ini digelar untuk perkembangan pariwisata di seluruh negara.

Berkonsep business to business (b2b) TTC Indonesia mengundang berbagai travel agent dari Indonesia untuk hadir guna mengembangkan produknya dan bekerja sama dengan travel agent seluruh negara.

Meski acara berlangsung di tengah wabah virus corona, Founder TTC Indonesia Tedjo Iskandar optimis pariwisata dunia tetap hidup dalam keadaan apapun.

Baca juga: Ada Wabah Virus Corona, Ini Cara Aman Traveling Menurut Dokter

"Tentu akan ada efek ke industri pariwisata secara garis besar bahkan bukan hanya negara China melainkan seluruh dunia. Kami berharap keadaan di Wuhan dapat lekas membaik dan kembali berjalan seperti semula," kata Tedjo dalam kata sambutannya dalam acara yang digelar di RedTop Hotel Jakarta.

Selain itu ia juga mengatakan acara ini menjadi momen pertemuan di mana para pelaku pariwisata saling membantu menopang pariwisata untuk tetap berjalan.

Virus corona nyatanya tak membuat industri pariwisata dunia kendor. Hal ini dilihat dari 137 travel agent dari seluruh negara selaku penjual paket wisata.

Adapun 137 penjual tersebut terdiri dari 85 travel agent luar negeri seperti Amerika, Eropa, Asia Tenggara, hingga Rusia.

Kemudian, ada 52 penjual yang berasal dari Indonesia seperti Bali, Malang, Sumatra hingga Papua.

Pulau Waigeo, Wisata Raja Ampat, Papua. SHUTTERSTOCK/MARIUS DOBILAS Pulau Waigeo, Wisata Raja Ampat, Papua.

Adanya virus corona membuat travel agent dari China tidak bisa datang ke acara ini. Namun, Tedjo tetap berharap pariwisata China untuk bangkit kembali melawan virus.

"Acara ini digelar untuk semua pariwisata dunia saling bantu membantu agar industri pariwisata tetap berjalan, sehingga nantinya memudahkan China untuk kembali bersaing ketika mereka sudah siap membuka kembali destinasi wisatanya," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang pembeli yang hadir dari travel agent Zara Tour, Hendra Kusuma mengaku telah ikut acara ini beberapa kali.

Ia mengatakan banyak pelanggannya yang menginginkan suasana liburan dengan destinasi wisata baru.

Baca juga: Tempat Wisata Terbaru di Lembang, Ada Kebun Binatang Instagramable

 

Namun untuk tahun ini, karena virus corona membuat travel agent tempat ia bekerja tengah menyasar destinasi wisata domestik.

"Sekarang wisatawan kita banyak yang pilih destinasi domestik dulu, karena virus corona. Jadi yang biasanya outbond itu ditunda dulu, ke domestik. Contohnya Bali, Lombok, dan Raja Ampat," jelas Hendra.

Acara TTC Travel Mart hingga kini telah berlangsung selama 32 kali. Menariknya, acara ini juga tanpa dipungut biaya.

Setelah acara TTC Travel Mart di Jakarta, TTC Indonesia juga akan mengadakan acara serupa di Surabaya pada Rabu (19/2/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com