Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/02/2020, 13:08 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Stasiun Gubeng menjadi salah satu pintu gerbang untuk masuk ke Surabaya. Di sekitar Stasiun Gubeng terdapat banyak makanan yang harganya ramah di kantong dengan rasa yang pas.

Makanan yang dijajakan sekitaran Stasiun Gubeng dijual dengan harga mulai Rp 20.000 dan tidak lebih dari Rp 30.000.

Jika kamu baru datang dari perjalanan yang panjang atau menunggu kedatangan kereta api, tidak ada salahnya mencicipi makanan-makanan di bawah ini. Berikut empat rekomendasi tempat makan murah yang ada di sekitar Stasiun Gubeng, Surabaya :

Baca juga: Itinerary Weekend Hemat di Surabaya, 2 Hari 1 Malam Jelajah Heritage


1. Warung Sederhana Pojok Gubeng

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Isi tenaga dulu

Sebuah kiriman dibagikan oleh Novi Vian II (@vivianarvianti) pada 7 Nov 2016 jam 4:55 PST

 

Jika kamu turun dari Stasiun Gubeng Lama, warung satu ini bisa menjadi salah satu refrensi tempat makan untuk kamu kunjungi.

Berada di Jalan Gubeng Pojok Nomor 1A, warung ini menghadirkan makanan seperti mi goreng, nasi goreng, cap jay, nasi ayam goreng, pecel lelel, kari ayam dan masih banyak lagi.

Baca juga: 7 Jajanan Terkenal di Surabaya, Bisa Jadi Oleh-oleh

Kamu bisa mencicipi nasi ayam gorengnya. Hidangan ini terdiri dari ayam goreng kalasan dengan sambel yang pedas, nasi hangat, dan aneka sayuran yang segar. Kamu juga bisa menikmati rawon yang hangat dengan potongan daging sapi dan sayur tauge yang segar.

Warung yang sudah berdiri sejak tahun 1970-an, melayani pengunjungnya selama 24 jam. Jadi jangan khawatir bagi kamu yang datang ke Stasiun Gubeng pada tengah malam atau dini hari.

Perutmu bisa langsung terisi di Warung sederhana pojok Gubeng. Untuk harga jangan ditawar, harga makanan berkisar Rp 12.500 hingga Rp 17.500 di warung makan ini.

2. Lontong Balap Pak Gendut

Lontong balap satu ini namanya sudah terkenal di Surabaya. Salah satu tempat makan yang legendaris ini sudah menjajakan lontong balap sejak 1958.

Makanan khas Surabaya itu terdiri dari lontong, tauge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, dan kuah petis asin dan segar.

Baca juga: 6 Oleh-oleh Khas Surabaya, Spikoe hingga Almond Crispy

Untuk makanan pendamping terdapat sate usus yang empuk dan dapat menggoyang lidah. Kamu juga bisa menambahkan petis untuk memperkuat rasa gurih. Selain itu tambahkan bawang goreng yang banyak di atas makanan.

Tauge yang masih segar memiliki tekstur yang renyah, lalu juga ada tahu goreng yang empuk. Lontong Balap Asli Pak Gendut dapat dicicipi di Jalan. Prof. Dr. Moestopo Nomor 11, Surabaya (depan PDAM dan dekat Stasiun Gubeng).

Untuk harganya satu porsi lontong balap dihargai sebesar Rp 16.000. Mereka melayani pengunjung dari pukul 09.00 hingga 22.00 WIB.


3. Rujak Cingur Delta Plaza

Rujak cingur Delta Plaza tidak jauh dari Stasiun Gubeng. Rujak cingur adalah makanan khas Surabaya yang terdiri dari kangkung rebus, tauge, tahu, tempe, lontong, timun dan petis yang dihaluskan bersama kacang dan bawang putih.

Baca juga: Nasi Goreng Seafood Seharga Rp 1,7 Juta Dijual di Surabaya, Apa Isinya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com