Jangan Ketinggalan, 86 Acara Pariwisata Menarik di Lampung pada 2020

Kompas.com - 19/02/2020, 11:15 WIB
Penampil Kreasi Tapis Lampung bersiap tampil di acara peluncuran agenda pariwisata Lampung, Minggu (9/2/2020) pekan lalu. Selama tahun 2020, ratusan even pariwisata di Lampung siap puaskan dahaga traveller.  KOMPAS.com/TRI PURNA JAYAPenampil Kreasi Tapis Lampung bersiap tampil di acara peluncuran agenda pariwisata Lampung, Minggu (9/2/2020) pekan lalu. Selama tahun 2020, ratusan even pariwisata di Lampung siap puaskan dahaga traveller.

LAMPUNG, KOMPAS.comLampung menyiapkan 86 agenda pariwisata tahun 2020 untuk menjadi pilihan traveler.

Acara tersebut tersebar di 13 kabupaten/kota selama tahun 2020 dengan fokus pada penguatan konten kearifan lokal Lampung.

Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim mengatakan, agenda pariwisata ini sudah diluncurkan dan dijadwalkan. Nantinya, setiap bulan ada acara unggulan di kabupaten/kota.

Baca juga: Liburan Tahun Ini, Jawa Timur Siapkan 445 Acara Pariwisata Menarik

"Sektor pariwisata ini sekarang jadi prioritas pemerintah provinsi, selain pertanian dan industri. Bahkan, sektor pertanian juga didorong untuk menjadi agrowisata, saling berkaitan," kata Nunik saat peluncuran calender of event Lampung, pekan lalu.

Nunik menambahkan, gairah pariwisata di Lampung mulai meningkat beberapa tahun belakangan. Wisatawan, baik nusantara atau mancanegara, mulai menjadikan Lampung sebagai destinasi wisata.

"Tahun 2019, tercatat ada 10,73 juta wisatawan datang ke Lampung. Harapannya, tahun 2020 ini bisa di atas itu," kata Nunik.

Baca juga: Mengenal Kain Tapis, Tenun Lampung yang Sudah Membudaya Ratusan Tahun

Salah satu faktor peningkatan kunjungan wisatawan ini, kata Nunik, adalah infrastruktur yang mendukung seperti kemudahan akses menuju Lampung.

"Pembangunan jalan tol membuat wisatawan, misalnya dari Palembang, jadi lebih mudah, lebih cepat. Kemudian bandara juga," kata Nunik.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Kadis Pariwisata Lampung, Endarwan mengatakan, perlu adanya kerjasama dengan para pelaku pariwisata maupun pemilik tempat wisata

Baca juga: Sejak 1960, Ini Kedai Mie Paling Legendaris di Lampung

"Pemerintah tidak bisa apa-apa tanpa kehadiran para stakeholder (pelaku pariwisata)" kata Endarwan.

Endarwan menambahkan, ada dua agenda pariwisata di Lampung yang juga masuk kalender nasional, yakni Krui Pro (World Surf League) yang akan digelar pada 15–20 April 2020 di Pantai Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat.

Kemudian Festival Krakatau yang digelar pada 28–30 Agustus 2020 di Bandar Lampung dan Lampung Selatan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X