Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sungai di Gunung Salak Aceh Ditata Jadi Tempat Wisata Tahun Ini

Kompas.com - 19/02/2020, 13:07 WIB
Masriadi ,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


ACEH UTARA, KOMPAS.com – Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Kabupaten Aceh Utara berencana menata kawasan pinggir sungai di obyek wisata Gunung Salak, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara tahun ini.

Spot sungai itu akan dijadikan obyek wisata baru dalam kawasan Gunung Salak tersebut.

Dengan adanya spot wisata sungai, pengunjung tak lagi sebatas menikmati keindahan alam berupa gunung dan sejuk sembari minum kopi. Mereka juga bisa membawa keluarga untuk menikmati sejuknya air sungai.

Baca juga: Lagi Tren di Aceh Besar, Kolam Lhok Sijuek yang Instagenic!

“Tahun ini kita ada penataan sungai di Gunung Salak. Itu wisata baru yang terus dikembangkan,” sebut Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Kabupaten Aceh Utara, Cut Erni Ferita, kepada Kompas.com, Selasa (18/2/2020).

Dia menyebutkan, selain kegiatan itu juga digelar pelatihan untuk kader wisata sehingga masyarakat bisa menerima daerahnya untuk dikunjungi wisatawan. Ditambah pelatihan untuk pegawai yang bergerak dibidang pariwisata.

Konsep desain penataan obyek wisata Gunung Salak, Kecamatan NIsam, Kabupaten Aceh UtaraDisporapar Aceh Utara Konsep desain penataan obyek wisata Gunung Salak, Kecamatan NIsam, Kabupaten Aceh Utara

“Kalau agenda rutin itu ada pemilihan duta wisata. Itu sudah kewajiban dilakukan oleh setiap kabupaten/kota di Aceh,” kata Cut.

Dia berharap, destinasi Gunung Salak semakin banyak dikunjungi, sehingga memberikan dampak ekonomi pada masyarakat di pedalaman Aceh Utara itu.

Baca juga: Damri Luncurkan Angkutan Perintis di Aceh, Tarifnya Rp 6.000

 

“Semoga kehadiran wisata berdampak positif secara ekonomi bagi masyarakat sekitarnya," pungkas Cut.

Sejak tahun lalu, pemerintah setempat menyalurkan listrik dan mengolah obyek wisata Gunung Salak dengan menambah berbagai fasilitas bagi pengunjung untuk berwisata. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com