Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tempat Makan Legendaris di Sekitar Gedung Sate Bandung

Kompas.com - 21/02/2020, 06:12 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Mencari makanan legendaris di Bandung ada banyak pilihan. Kota Bandung  dipenuhi banyak warung dan tempat makan legendaris yang telah berdiri puluhan tahun lamanya.

Beberapa warung dan tempat makan legendaris tersebut bisa kamu temukan di kawasan sekitar Gedung Sate yang jadi pusat pemerintahan Gubernur Jawa Barat. Berikut ini lima tempat makan legendaris di sekitar Gedung Sate Bandung dengan harga terjangkau:

Baca juga: 7 Kuliner Legendaris Sekitar Alun-alun Bandung, Ada Warkop Berusia Hampir 1 Abad

1. Cuanki dan Batagor Serayu

Cuanki adalah sejenis sajian baso khas Bandung. Kuan cuanki mirip dengan baso Malang. Isian cuanki adalah tahu putih yang diisi aci, siomay, baso, pangsit rebus, pangsit goreng, dan baso goreng. Berbeda dengan baso Malang, cuanki tidak pakai mi kuning.

Salah satu cuanki legendaris di Bandung adalah Cuanki dan Batagor Serayu. Terletak di Jalan Serayu, Cuanki dan Batagor Serayu telah ada sejak tahun 1990-an. Awalnya konon sang penjual mengawalinya dengan berjualan cuanki di gerobak pikul.

Cuanki dan Batagor Serayu digemari karena katanya punya tekstur lembut dan kenyal serta tidak keras seperti kebanyakan cuanki. Untuk menyantap cuankinya, kamu perlu menambahkan beberapa bumbu tambahan untuk memperkuat rata.

Paling enak jika dicampur dengan sedikit cuka, sambal pedas, dan kecap manis. Rasa gurih, asam, pedas, dan manis bercampur jadi satu memberikan sensasi berkeringat ketika memakannya.

Itulah kenapa banyak orang bilang paling enak menyantap cuanki jika cuaca sedang dingin atau hujan.

Selain cuanki, di sini juga menjual batagor. Batagornya juga nikmat, dengan porsi besar, isian yang kenyal dan gurih serta renyah dari pangsitnya bercampur dengan bumbu kacang yang lezat.

Baca juga: 6 Makanan Legendaris di Surabaya, Cocok untuk yang Lapar Tengah Malam

Harga satu porsi cuanki dan batagor Rp 17.000. Sementara untuk setengah porsi dihargai Rp 10.000. Cuanki dan Batagor Serayu buka setiap hari pukul 11.00 - 19.00, kecuali hari Jumat mulai buka jam 13.00 WIB.

Untuk menuju ke Cuanki dan Batagor Serayu dari arah Gedung Sate kamu perlu mengendari kendaraan pribadi atau menggunakan ojek online lagi. Lokasinya dekat dengan Taman Pramuka di Jalan Riau. Kamu juga bisa berjalan kaki dari Gedung Sate selama lebih kurang 15 menit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com