Gara-gara Virus Corona, Acara Cosplay Terbesar di Jepang Dibatalkan

Kompas.com - 21/02/2020, 19:41 WIB
Cosplayer Nipponbashi Street Festa. shutterstock.com/MirkoKuzmanovicCosplayer Nipponbashi Street Festa.

KOMPAS.com - Jepang memiliki beberapa agenda acara cosplay. Salah satunya adalah acara cosplay terbesar di Jepang bernama Nipponbashi Street Festa.

Sayangnya, acara yang harusnya digelar 15 Maret 2020 mendatang, terpaksa dibatalkan karena wabah virus corona.

Baca juga: Jangan Nekat Angkat Telepon di Kereta, Ketahui 5 Etika Berwisata di Jepang

“Kami sangat sedih sekali untuk mereka yang telah menunggu untuk hadir. Entah sebagai penonton atau turut berpartisipasi sebagai peserta cosplay," kata panitia Street Festa melalui pernyataan resmi, mengutip Soranews24.

"Namun kami meminta pengertian Anda. Kemudian, mohon diperhatikan bahwa kami tidak menjadwal ulang acara tahun ini," lanjutnya.

Hingga saat ini, warga Jepang yang telah dikonfirmasi terinfeksi virus corona terbilang cukup sedikit. Namun pemerintah Jepang telah menemukan peningkatan jumlah kasus.

Cosplayer Nipponbashi Street Festa.shutterstock.com/MirkoKuzmanovic Cosplayer Nipponbashi Street Festa.

Pembatalan acara cosplay tersebut karena Nipponbashi Street Festa dihadiri banyak pengunjung setiap tahunnya. Bahkan, pada tahun 2015, acara ini menarik kurang lebih 250.000 penggemar cosplay.

Para pengunjung tersebut juga akan berdiri berdekatan untuk waktu yang cukup lama. Situasi tersebut ditakutkan dapat menyebabkan penularan virus corona jika salah satu pengunjung ada yang mengidap virus tersebut.

Nipponbashi Street Festa dapat dikatakan sebagai acara cosplay yang cukup berbeda dari acara sejenis lainnya.

Acara tersebut tidak diadakan di dalam sebuah convention center atau di dalam ruangan, melainkan di tengah jalanan Denden Town.

Denden Town adalah distrik elektronik Osaka yang merupakan titik pertemuan otaku terbesar di pusat Jepang. Setiap kali acara ini digelar, lalu lintas jalanan ditutup untuk parade cosplay.

Cosplayer Nipponbashi Street Festa.shutterstock.com/MirkoKuzmanovic Cosplayer Nipponbashi Street Festa.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X