Kompas.com - 23/02/2020, 08:10 WIB
Ilustrasi Kopi Mint PIXABAY/MICHAELFORMIlustrasi Kopi Mint

JAKARTA, KOMPAS.com - Arabika dan robusta adalah dua spesies kopi yang paling sohor di dunia. Masing-masing punya bentuk, rasa dan karakter berbeda.

Seperti apa perbedaannya?

Kompas.com berbincang dengan barista kedai kopi Jenderal-Kopi Nusantara Buwas, Ara, untuk mengetahui perbedaan dua spesies kopi tersebut.

Baca juga: Kopi Kangen Luncurkan Varian Minuman Non Kopi Bernama Kangen Berat

Robusta

Rizki, putra dari Sahnawi, menyangrai biji kopi di Desa Gombengsari, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (22/6/2018). Kopi Gombengsari yang dikenal dengan kopi robusta berkualitas terbaik memiliki ciri aroma khas buah kelapa dan cara memasaknya yang berbeda yaitu menyangrai dengan kuali tanah liat dan menumbuk biji kopi dengan kayu hingga jadi bubuk.ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA Rizki, putra dari Sahnawi, menyangrai biji kopi di Desa Gombengsari, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (22/6/2018). Kopi Gombengsari yang dikenal dengan kopi robusta berkualitas terbaik memiliki ciri aroma khas buah kelapa dan cara memasaknya yang berbeda yaitu menyangrai dengan kuali tanah liat dan menumbuk biji kopi dengan kayu hingga jadi bubuk.
Menurut Ara, rasa robusta memiliki rasa lebih pahit dibanding kopi lainnya. Pasalnya, tingkat kafein robusta antara 1,7-4 persen.

Namun, kopi robusta juga memiliki karaktertistik rasa berbeda. Adapun perbedaan rasa tersebut tergantung dari cara pengolahan (roasting).

Baca juga: Nyeruput Kopi Robusta hingga Arabika di dekat Gunung Merapi, Mau?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.