7 Cara Memilih Durian yang Sudah Matang, Manis, dan Banyak Daging

Kompas.com - 24/02/2020, 14:24 WIB
Ilustrasi durian. shutterstock.com/TorjrtrxIlustrasi durian.


JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih durian yang legit dan banyak daging memang bukan hal mudah. Apalagi harga durian tergolong lebih mahal jika dibanding buah jenis lain, semakin 'deg-degan' saat memilih buah durian.  

Alhasil banyak orang memilih memakan buah durian di tempat penjual. Sebab banyak penjaja durian yang memberi garansi pada pembeli. Apabila durian tidak enak tau tidak matang, boleh menukarkan durian dengan yang enak.

Masalah terjadi jika harus memilih buah durian untuk dibawa pulang, tak ada jaminan apakah durian yang dibawa sudah matang, legit, dan berdaging tebal. 

Berikut ini beberapa cara memilih durian terbaik menurut Ketua Yayasan Durian Nusantara, Mohamad Reza Tirtawinata:

Baca juga: Durian Musang King, Durian Manis dengan Daging Legit dan Creamy

1. Pilih buah yang bulat

Buah durian yang bulat sempurna menunjukkan kecenderungan memiliki edible portion atau porsi daging yang lebih banyak dibanding buah yang berbentuk lonjong.

Jangan sesekali pilih buah durian yang berbentuk aneh, sedikit bengkok di beberapa sisi sehingga bentuknya tidak sempurna.

“Kalau bentuk durian yang bulat berarti dagingnya lebih banyak. Makin panjang cenderung porsi lebih sedikit. ” jelas Reza ketika ditemui Kompas.com di Bogor, pada Rabu (29/01/2020).

Jika durian berbentuk lonjong atau panjang, Reza menyebutkan maka kulit durian memakan tempat lebih banyak, tempat buat daging durian jadi lebih kecil,

Total ada lima juring (ruang) pada durian. Buah durian yang berbentuk bulat menandakan juring terisi sempurna dengan daging buah.

“Kalau bentuk bulat sempurna, sudah pasti porsi daging di atas 30 persen bahkan ada yang 40 persen. Itu contohnya durian montong,” tambah Reza.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X