Kompas.com - 25/02/2020, 12:09 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma hingga saat ini masih berjalan normal walaupun area sekitar bandara dikepung banjir.

Hal tersebut diungkapkan oleh Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma, Nandang Sukarna.

“Kondisi masih normal. Penerbangan masih berjalan, take off landing masih normal. Hanya saja kita sudah siaga, sudah lapor ke Cengkareng untuk siap menerima penerbangan dari Halim,” ujar Nandang ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (25/2/2020).

Menurut Nandang, saat ini kondisi Bandara Halim Perdanakusuma dalam kondisi waspada.

Baca juga: Banjir Jakarta, Ini Imbauan untuk Penumpang Pesawat di Bandara Soetta

 

Pihaknya telah bersiap jika nanti air mulai mengganggu operasional bandara dan penerbangan harus dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Pasalnya kolam resapan air yang berada di sekitar area bandara juga sudah dipenuhi air dan mulai meluap.

“Resapan sama saluran air masih bisa membuang keluar dari perimeter bandara. Tapi karena lingkungan sekitar bandara air sudah tinggi jadi susah keluar airnya. Agak sedikit terhambat jadinya,” jelas Nandang.

Akses menuju Bandara Halimpernadakusuma saat ini

Untuk akses jalan menuju Bandara Halim Perdanakusuma hingga kini masih bisa diakses kendaraan walaupun ada beberapa titik yang sudah tertutup banjir.

Baca juga: Tips Simpan Bahan Makanan Agar Awet Saat Terjebak Banjir

“Hanya yang di sekitar Kalimalang masih belum bisa, Bekasi Barat dan Timur terhambat karena tol tergenang air. Cililitan sudah padat dan tergenang air, nanti mungkin akan putus juga,” jelas Nandang.

Ia menyarankan bagi para pejalan yang ingin ke Bandara Halim Peradakusuma untuk lewat Jalan Gatot Subroto dan MT Haryono. Akses lain yang paling memungkinkan adalah via Cawang.

Baca juga: Banjir Jakarta, Perjalanan Kereta Bandara Soetta Sempat Dibatalkan

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II telah memastikan semua penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma masih berjalan normal.

Informasi tersebut disampaikan melalui akun Twitter resmi Bandara Halim Perdanakusuma, @HLP_AP2.

Akses menuju bandara yang terpantau banjir, salah satunya di underpass Cawang juga sudah disampaikan melalui akun twitter @contactap2.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.