Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Maskapai yang Batalkan Penerbangan ke Korea Selatan karena Virus Corona

Kompas.com - 26/02/2020, 12:06 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Beberapa maskapai penerbangan menunda penerbangan ke Korea Selatan akibat penyebaran virus corona yang semakin intens di negara tersebut.

Berdasarkan informasi dari South China Morning Post, virus corona telah menginfeksi hampir 900 orang di Korea Selatan, delapan di antaranya meninggal.

Pada 24 Februari 2020, Pemerintah Hong Kong mengumumkan pembatasan perjalanan pada orang-orang yang datang dari Korea Selatan. Pembatasan tersebut berlaku efektif mulai 25 Februari 2020.

Bagi mereka warga non-Hong Kong yang mempunyai sejarah perjalanan ke Korea Selatan selama 14 hari terakhir juga tidak akan diizinkan masuk ke Hong Kong.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dari Amerika Serikat telah menetapkan peringatan perjalanan tingkat tiga ke Korea Selatan.

CDC memperingatkan warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke sana, khususnya yang tak penting.

Baca juga: Pramugari Korean Air Positif Virus Corona, Penumpang Batalkan Penerbangan

Berikut ini daftar beberapa maskapai penerbangan yang menunda penerbangan ke Korea Selatan untuk sementara, seperti dilansir Business Traveller pada Selasa (25/2/2020).

1. Air New Zealand

Sebuah pesawat milik maskapai penerbangan Air New Zealand.Mirror Sebuah pesawat milik maskapai penerbangan Air New Zealand.

Air New Zealand mengumumkan pada 24 Februari bahwa mereka akan menunda rute Auckland-Seoul Incheon untuk sementara mulai 8 Maret hingga 30 Juni 2020.

Maskapai penerbangan tersebut mengungkapkan bahwa terjadi penurunan pemesanan rute Auckland ke Seoul akibat wabah virus corona.

Berdasarkan informasi dari maskapai penerbangan tersebut, para konsumen yang terkena dampak penundaan penerbangan akan dihubungi secara langsung dengan pilihan rute lain dalam waktu dekat.

Sementara mereka yang memesan via travel agent akan dikontak oleh agen pemesanan yang mereka gunakan.

Baca juga: Virus Corona Menyebar di Italia Utara, KBRI Roma Rilis Surat Imbauan

2. Bamboo Airways

Maskapai penerbangan asal Vietnam, Bamboo Airways, mengumumkan pada 24 Februari bahwa mereka akan menunda penerbangan ke Korea Selatan yang biasanya mereka lakukan dua kali dalam sehari.

Rute Da Nang – Seoul Incheon dan Nha Trang – Seoul Incheon akan dihentikan untuk sementara mulai 26 Februari 2020.

Penundaan ini dilakukan karena dianggap sangat penting untuk secara aktif berkontribusi mencegah penyebaran wabah virus corona.

Baca juga: Imbas Virus Corona, Hong Kong Tetapkan Pembatasan Masuk dari Korea Selatan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com