Geopark Run Series 2020 untuk Belitung, Pendaftaran Telah Dibuka

Kompas.com - 27/02/2020, 19:53 WIB
Pantai Tanjung Kelayang, Belitung masuk ke dalam salah satu geosites yang ada dalam Geopark Belitung ShutterstockPantai Tanjung Kelayang, Belitung masuk ke dalam salah satu geosites yang ada dalam Geopark Belitung


JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Jasagung Haryadi, mengaku siap untuk menggelar event Geopark Run Series 2020.

Baca juga: Belitung Incar Kunjungan Turis Asing pada 2020, Seperti Ini Strateginya...

Menurut Jasagung ketika ditemui di acara peresmian Geopark Run Series 2020 di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kamis (27/2/2020), pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan terkait gelaran event ini.

Baca juga: Persiapkan UNESCO Global Geopark pada 2020, Belitung Lakukan Cara Ini

“Persiapan utama ada di Danau Kaolin dan Tanjung Kelayang. Untuk infrastruktur pasti sudah dipersiapkan termasuk jalan sudah mulus. Sama paling aksesibilitas Jakarta ke Belitung nanti,” ujar Jasagung.

Baca juga: Jumlah Wisatawan Mancanegara ke Belitung Naik, Jumlah Wisatawan Nusantara Malah Turun

Menurut Jasagung, kemudahan akses dari Jakarta ke Belitung nantinya akan jadi prioritas.

Pasalnya, beberapa waktu ke belakang harga tiket pesawat domestik memiliki harga yang cukup tinggi.

Pulau Batu Berlayar. SHUTTERSTOCK/GATOT HERLIYANTO Pulau Batu Berlayar.

Namun dengan adanya berita mengenai pemberian insentif untuk tiket domestik, Jasagung berharap hal itu bisa mendongkrak minat partisipasi masyarakat Indonesia untuk event ini.

“Dengan insentif ini kan nanti di bulan Maret, April, Mei. Kita harapkan masyarakat makin banyak yang ke Belitung apalagi acara ini ( Geopark Run Series) diadakan bulan April, tiket kan turun 30-50% ya. Untuk promosi juga,” jelas Jasagung.

Selain mempersiapkan dalam hal aksesibilitas, Jasagung juga mengaku akan memberdayakan para warga di sekitar geopark untuk bisa mendongkrak ekonomi mereka. Salah satunya dengan pembinaan dan persiapan UKM.

Nantinya para pelaku UKM ini akan bisa menjajakan dagangannya di sepanjang rute Geopark Run Series 2020 ini.

Kuliner Belitung yang khas dengan makanan lautnya juga akan ditonjolkan, dan bisa membantu memberdayakan ekonomi para pelaku UKM ini.

Danau Kaolin di Belitung. SHUTTERSTOCK/BANGHOL Danau Kaolin di Belitung.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X