Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik! Kopi Jawa Barat Dijual di Kedai Kopi Australia, Diresmikan Ridwan Kamil

Kompas.com - 29/02/2020, 13:02 WIB
Nabilla Ramadhian,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kini kamu tidak perlu bingung saat berlibur ke Australia dan ingin menikmati kopi Nusantara. Sebab, salah satu kedai kopi bernama Jabarano Coffee akan memanjakan rasa kangenmu terhadap Indonesia.

Baca juga: Apa Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika?

Menurut laman Antara, Sabtu (29/2/2020), Jabarano Coffee asli negeri kanguru tersebut baru saja diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Senin (24/2/2020) lalu demi mempromosikan kopi Jawa Barat.

Baca juga: 2 Alat Seduh Ini Bisa Bikin Kopi di Rumah Tambah Nikmat

Sejauh ini, kopi Jawa Barat hanya bisa kamu temukan melalui kedai kopi tersebut di Melbourne. Kendati demikian, dalam beberapa waktu ke depan mungkin kamu bisa menemukannya di tempat lain.

“Kemudian nanti di Sydney, Adelaide, dan juga di Perth. Kami ingin kopi Jawa Barat menjadi juara dalam pasar kopi dunia karena kita punya komoditas kopi yang sangat beragam,” tutur Ridwan, mengutip Antara.

Menurutnya, di Australia masih jarang kedai kopi yang menjual kopi Nusantara. Oleh karena itu, Jabarano Coffee dapat dikatakan sebagai sebuah terobosan baru.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Our coffee is grown organically on the fertile forest highlands of West Java with altitudes ranging between 1200 – 1800 metres above sea level.

A post shared by Jabarano (@jabarano_coffee) on Feb 26, 2020 at 12:12am PST

Di kedai kopi tersebut, kamu bisa menikmati berbagai jenis kopi arabika yang masing-masing memiliki keunikan sendiri.

Namun jika kamu tidak terlalu suka arabika, mereka juga menyediakan jenis kopi spesial lain yang bisa kamu nikmati.

Terkait biji kopi Nusantara yang akan diekspor ke luar negeri, Jabarano Coffee akan dijadikan sebagai tempat pengkurasian sebelum biji kopi masuk ke pasar dunia.

Melansir akun Instagram resminya, Jabarano Coffee mengambil pasokan biji kopi Nusantara dari lebih kurang 14 gunung di Indonesia.

Tidak hanya itu, mereka juga bekerjasama dengan para petani kopi yang masih melakukan penanaman secara organik dan tradisional.

Tidak heran jika rasa dari biji kopi Nusantara yang telah diolah, baik itu kopi robusta maupun arabika, akan memiliki kualitas mumpuni.

Jabarano Coffee terletak di 555 Flinders Lane, Melbourne, Australia. Kedai kopi tersebut buka setiap hari mulai pukul 05.30 – 15.30 waktu setempat.

Saat berkunjung ke sana, kamu tidak hanya disuguhi kopi tetapi juga beberapa makanan khas Nusantara yang mungkin sulit dicari di Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com