Harga 5 Makanan Mewah Tantangan MasterChef Indonesia, Ada Wagyu A5 dan Caviar

Kompas.com - 29/02/2020, 23:03 WIB
Ilustrasi daging Wagyu A5. Dok. Shutterstock/Artit WongpraduIlustrasi daging Wagyu A5.

JAKARTA, KOMPAS.comMasterChef Indonesia yang tayang Sabtu (29/2/2020) sampai pada tahap peringkat empat besar.

Dalam salah satu tantangan, ke empat kontestan tersebut diharuskan mengolah bahan makanan mewah.

Lima bahan makanan mewah yang menjadi tantangan kontestan MasterChef Indonesia di antaranya adalah Wagyu A5, Caribbean Lobster, South African Abalone, Black Truffle, dan Caviar.

Lima bahan makanan tersebut memang terkenal dihargai fantastis dalam dunia kuliner.  Berapa harga makanan tersebut?

Baca juga: Ikan Turbot pada Pressure Test MasterChef Indonesia, Ternyata Harganya Segini...

1. Wagyu A5

Wagyu adalah salah satu daging sapi termahal di dunia. Daging yang penuh akan marbling (guratan lemak) asal Jepang tersebut terkenal akan rasanya yang sedikit berbeda dari daging lain.

Melansir Business Insider, Sabtu (29/2/2020), daging Wagyu dihasilkan dari sapi-sapi yang secara ketat dikembangbiakkan untuk memiliki ketahanan fisik yang lebih tinggi. 

Jadilah sapi-sapi ini memiliki lebih banyak sel lemak intramuskuler.

Lemak yang terdistribusi secara merata tersebut membuat daging Wagyu terlihat merah muda dan memiliki tekstur yang lebut.

Dalam penjualannya, pemerintah Jepang memiliki peraturan secara ketat akan pendistribusian Wagyu berdasarkan kualitasnya. Hanya daging Wagyu A3 – A5 saja yang boleh dijual.

Dalam dunia perdagingan, terdapat level yang menentukan seberapa berkualitas daging tersebut. Menurut laman Crowdcow, “A” untuk kualitas superior, “B” untuk biasa saja, dan “C” untuk di bawah standar.

Baca juga: Peserta MasterChef Indonesia Ditantang Bikin Steak, Ketahui 10 Potongan Daging Ini

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X