Cara Buat Paspor, Sekarang Antre via Online, Ini Langkahnya

Kompas.com - 01/03/2020, 13:10 WIB
Cara Daftar Antrean Paspor secara Online KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoCara Daftar Antrean Paspor secara Online


JAKARTA, KOMPAS.com - Ada satu hal yang tidak boleh terlupa jika kamu pergi ke luar negeri, yaitu paspor. Oleh karena itu, kamu perlu membuat paspor terlebih dulu sebelum pergi.

Jangan khawatir, kini cara buat paspor kian mudah. Sebelum membuatnya, kamu perlu melakukan pendaftaran antrean secara online.

Kepala Sub Seksi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Jakarta Pusat, Sigit Adikya Putra mengatakan, pendaftaran antrean online ini sudah dilakukan sejak Januari 2019.

Baca juga: Kuota Antrean Online Masih Banyak, Yuk Bikin Paspor Sekarang Juga

"Direktorat Jenderal Imigrasi launching namanya Apapo yaitu Antrian Paspor Online," kata Sigit ketika ditemui di Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Jakarta Pusat, Kamis (27/2/2020).

"Jadi itu layanan paspor online, setiap masyarakat dapat mengunduh aplikasi tersebut melalui Android atau iOS, atau bisa juga melalui website kita di antrian.imigrasi.go.id," lanjutnya.

Lanjutnya, masyarakat bisa membuat akun pada aplikasi tersebut sebelum melakukan pendaftaran. Cara pendaftaran akun bisa menggunakan alamat google mail.

Jika belum mempunyai akun google mail, kamu bisa membuatnya terlebih dulu untuk bisa masuk dan mendaftar antrean.

Baca juga: Pasca Brexit, Inggris Ganti Warna Paspor?

Berikut cara pendaftaran antrean online paspor yang telah Kompas.com rangkum:

1. Unduh aplikasi Antrian Paspor Online di ponsel

Sebelum melakukan pendaftaran antrean, kamu perlu mengunduh terlebih dulu aplikasi Antrian Paspor Online di smartphone .

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X