Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diskon Hingga 50 Persen, Seberapa Murah Harga Tiket Pesawat di 10 Destinasi?

Kompas.com - 01/03/2020, 21:38 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Insentif tiket pesawat hingga 50 persen di 10 destinasi wisata berlaku mulai hari ini, Minggu (1/3/2020) hingga Mei 2020.

Adapun 10 destinasi wisata yang dimaksud meliputi Batam, Denpasar, Yogyakarta, Labuan Bajo, Lombok, Malang, Manado, Silangit, Tanjung Pinang, dan Tanjung Pandan.

Baca juga: Catat, Ini 10 Destinasi Wisata untuk Diskon Tiket Pesawat hingga 50 Persen

Dikutip berita Kompas.com, Sabtu (29/2/2020) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah telah menganggarkan Rp 500 miliar untuk pemberian insentif tersebut.

"Jadi jumlah yang akan mendapatkan diskon sekitar 430.000 orang," kata Budi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto menjelaskan, pemberian diskon tarif insentif ini diberikan untuk penerbangan pulang pergi alias PP dan untuk semua penerbangan menuju 10 destinasi wisata.

"(Diskon) tiketnya tidak hanya dari Jakarta saja, dari destinasi manapun sepanjang tujuannya ke 10 destinasi itu diberikan diskon. Kemudian diskonnya untuk pulang-pergi ya. Kita konsisten," sebut Novie.

Baca juga: Diskon Tiket Pesawat hingga 50 Persen Mulai Berlaku Hari Ini

Kompas.com mencoba melakukan pemantauan atas harga tiket pesawat yang sudah diberi diskon hingga 50 persen untuk tiket PP. Kami memantau dua situs seputar penerbangan yaitu Skyscanner dan Wego.

Menurut situs Skyscanner, tiket pesawat untuk rute Jakarta - Batam pulang pergi berada di kisaran harga Rp 1,1 juta. Sementara untuk situs Wego juga mencatat harga yang sama yaitu di kisaran Rp 1,1 juta.

Untuk rute Jakarta - Denpasar, situs Skyscanner dan Wego mencatat harga termurahnya Rp 1,2 juta.

Rute Jakarta - Yogyakarta, Skyscanner mencatat harga termurah Rp 828.000. Sementara itu situs Wego mencatat harga Rp 803.000.

Selain itu, harga untuk rute Jakarta - Labuan Bajo melalui situs Skyscanner dan Wego berada di kisaran Rp 2 jutaan. 

Rute selanjutnya yaitu Jakarta - Lombok berada di situs Skyscanner berada pada kisaran harga Rp 1,1 juta. Sedangkan situs Wego mencatat harga Rp 1,2 juta.

Pantai Tanjung Aan, kawasan wisata Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, memiliki area cukup lebar dan memanjang. Air lautnya jernih, berpasir putih yang cocok untuk berjemur, mandi, atau sekadar jalan-jalan. Gambar diambil pada Kamis (21/1/2016).KOMPAS/KHAERUL ANWAR Pantai Tanjung Aan, kawasan wisata Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, memiliki area cukup lebar dan memanjang. Air lautnya jernih, berpasir putih yang cocok untuk berjemur, mandi, atau sekadar jalan-jalan. Gambar diambil pada Kamis (21/1/2016).

Rute Jakarta - Manado melalui situs Skyscanner mencatat harga Rp 2 juta, dan situs Wego Rp 1,8 juta.

Diskon tiket pesawat hingga 50 persen menjadi kabar gembira bagi Vania Sulistyas. Ia sering bepergian dari Jakarta ke Bali untuk urusan pekerjaan menggunakan pesawat.

Menurut dia, sebelum adanya insentif harga tiket rute Jakarta - Denpasar masih berada di kisaran Rp 1,5 juta menggunakan pesawat Air Asia dan Citilink.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com