Gunung Merapi Erupsi, Tempat Wisata di Sekitarnya Masih Aman Dikunjungi

Kompas.com - 03/03/2020, 10:41 WIB
ERUPSI GUNUNG MERAPI. Letusan Gunung Merapi terlihat dari Musuk, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (3/3/2020). Gunung Merapi meletus pada pukul 05.22 WIB dengan tinggi kolom 6000 meter dengan status waspada. ANTARA FOTO/Irma/pras. ERUPSI GUNUNG MERAPI. Letusan Gunung Merapi terlihat dari Musuk, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (3/3/2020). Gunung Merapi meletus pada pukul 05.22 WIB dengan tinggi kolom 6000 meter dengan status waspada. ANTARA FOTO/Irma/pras.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gunung Merapi kembali erupsi pagi tadi sekitar pukul 05.22 WIB. Letusan tersebut terpantau mengeluarkan awan panas dan kolom abu.

Lantas bagaimana kondisi di sekitar Gunung Merapi?

"Kalau untuk (tempat wisata) wilayah selatan, termasuk Kaliurang dan Cangkringan, itu masih aman," ujar Kepala Subbagian Tata Usaha Taman Nasional Gunung Merapi Akhmadi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (2/3/2020).

Baca juga: Selain Mendaki, Ini 6 Alternatif Tempat Wisata Sekitar Gunung Merapi

Akhmadi melanjutkan, daerah wisata tersebut termasuk radius aman, karena berada di luar radius 3 km.

"Fasilitas wisata kami berada di radius lebih kurang di atas 7 km," kata Akhmadi.

Akhmadi menuturkan, berdasarkan pantauan terakhir, setelah erupsi tadi pagi beberapa wilayah yang terdampak hujan abu dan pasir hanya wilayah timur, termasuk Kecamatan Musuk, Cepogo, dan Selo di Boyolali.

Baca juga: Pendakian Gunung Merapi Ditutup, Ini 4 Obyek Wisata Alternatif Selain Mendaki

Sementara itu, Akhmadi menuturkan tindakan preventif kepada wisatawan yang sedang dan akan berkunjung ke beberapa tempat wisata di sekitar Gunung Merapi belum harus dilakukan.

Kendati demikian, pantauan lebih lanjut akan tetap berlangsung dari seluruh pos penjagaan yang ada di sana.

"Kalau misal ada letusan, pasti akan kita tutup (jalur masuk ke kawasan Gunung Merapi dan tempat wisata di sekitarnya) untuk sementara semuanya. Pengunjung yang ada di dalam akan kita bawa keluar," kata Akhmadi.

Baca juga: Akhir Pekan di Yogyakarta, 5 Tempat Wisata Sekitar Gunung Merapi

Sementara untuk jalur pendakian, Akhmadi mengatakan, seluruh jalur yang ada hingga saat ini masih ditutup sejak Mei 2018.

Penutupan tersebut masih berlangsung karena hingga saat ini Gunung Merapi masih dalam status waspada.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X