Pengalaman Buat Paspor Elektronik Baru, Hanya 10 Menit di ULP Semanggi

Kompas.com - 04/03/2020, 08:15 WIB
Petugas security tengah merapikan formulir pada rak brosur dan formulir di Unit Layanan Paspor (ULP) Plaza Semanggi, Jakarta Pusat, Selasa (3/3/2020). KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYAPetugas security tengah merapikan formulir pada rak brosur dan formulir di Unit Layanan Paspor (ULP) Plaza Semanggi, Jakarta Pusat, Selasa (3/3/2020).


JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap orang yang ingin pergi ke luar negeri wajib memiliki paspor. Di Indonesia, ada dua jenis paspor biasa--elektronik atau e-paspor dan non elektronik.

Jika kamu belum memiliki paspor dan ingin membuatnya, bisa menyimak ulasan tahapan pembuatannya dari reporter Travel Kompas.com.

Saya sudah berencana membuat paspor sebagai persiapan jika suatu waktu pergi ke luar negeri.

Baca juga: Cara Buat Paspor, Sekarang Antre via Online, Ini Langkahnya

Hal pertama yang saya lakukan adalah mengunduh aplikasi Apapo atau Antrian Paspor Online lewat Google Play Store untuk Android atau Appstore untuk iPhone.

Pengunduhan aplikasi merupakan cara pertama dalam langkah-langkah sebelum datang ke kantor Imigrasi terdekat.

Booth atau tempat informasi dan pengaduan di ULP Plaza Semanggi. Pemohon paspor melaporkan tujuan kedatangan ke kantor imigrasi pada booth ini.KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYA Booth atau tempat informasi dan pengaduan di ULP Plaza Semanggi. Pemohon paspor melaporkan tujuan kedatangan ke kantor imigrasi pada booth ini.
Usai mengunduh, saya melakukan tahapan berikutnya yaitu mendaftarkan akun pada aplikasi. Setelah pendaftaran, pilih kantor Imigrasi,  data diri mulai dari nama pemohon hingga tanggal dan waktu kedatangan.

Langkah berikutnya, setelah semua selesai diisi, maka akan mendapatkan kode booking atau barcode yang berguna pada saat kedatangan di Kanim.

Hari ini, Selasa (3/3/2020) merupakan jadwal antrean yang saya dapatkan pukul 08.00 hingga 09.00 WIB.

Saya datang ke Unit Layanan Paspor (ULP) Plaza Semanggi Lantai 5, Jakarta Pusat. Kantor unit ini terbilang masih baru, karena diresmikan pada 27 Januari 2020.

Baca juga: Alur Pembuatan Paspor, Simak Langkah-langkahnya

Pemohon paspor menunggu giliran untuk foto dan pengambilan sidik jari serta wawancara paspor di ULP Plaza Semanggi, Selasa (3/3/2020).KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYA Pemohon paspor menunggu giliran untuk foto dan pengambilan sidik jari serta wawancara paspor di ULP Plaza Semanggi, Selasa (3/3/2020).
Pengalaman saya, pelayanan pembuatan paspor cukup cepat dan lancar di kantor ini.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X