Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Waktu Pembukaan Kuota Antrean Paspor Online

Kompas.com - 05/03/2020, 09:10 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat yang ingin membuat paspor baru atau mengganti paspor sebaiknya memerhatikan jadwal pembukaan kuota antrean paspor online.

Kepala Sub Seksi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Jakarta Pusat Sigit Adikya Putra mengatakan, jadwal pembukaan kuota antrean paspor online digelar serentak oleh 33 Kanwil Kementerian Hukum dan HAM di seluruh Indonesia.

"Waktunya itu setiap Jumat mulai dari pukul 14.00 waktu setempat hingga Minggu pukul 16.00," kata Sigit kepada Kompas.com, Kamis (27/2/2020).

Baca juga: Kapan Sebaiknya Mengganti Paspor?

Lanjut Sigit, jika terjadi keterlambatan jadwal, masyarakat bisa memantau akun antrean paspor online secara berkala, dan bisa juga melalui akun media sosial masing-masing Kantor Imigrasi.

Masyarakat bisa juga melakukan pemantauan seperti update ketersediaan kapasitas antrean dan informasi pembukaan kuota antrean pada akun-akun media sosial tersebut.

Sigit menambahkan, jika suatu waktu aplikasi Antrean Paspor Online sulit diakses, hal ini karena banyaknya traffic pemohon yang mengakses aplikasi.

Baca juga: Bukan Perpanjangan, tapi Penggantian Paspor, Kenapa?

"Sehingga menyebabkan kendala dan sulit akses, dan ketika pemilihan jenis antrean pemohon seringkali secara otomatis jenis antreannya berbeda dengan jenis antrian yang dibutuhkan," kata Sigit.

"Misalnya ingin membuat paspor baru, tapi malah menjadi antrean untuk penggantian paspor," jelasnya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com