Catat, Waktu Pembukaan Kuota Antrean Paspor Online

Kompas.com - 05/03/2020, 09:10 WIB
Ilustrasi paspor Indonesia. SHUTTERSTOCK/TEMITIMANIlustrasi paspor Indonesia.


JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat yang ingin membuat paspor baru atau mengganti paspor sebaiknya memerhatikan jadwal pembukaan kuota antrean paspor online.

Kepala Sub Seksi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Jakarta Pusat Sigit Adikya Putra mengatakan, jadwal pembukaan kuota antrean paspor online digelar serentak oleh 33 Kanwil Kementerian Hukum dan HAM di seluruh Indonesia.

"Waktunya itu setiap Jumat mulai dari pukul 14.00 waktu setempat hingga Minggu pukul 16.00," kata Sigit kepada Kompas.com, Kamis (27/2/2020).

Baca juga: Kapan Sebaiknya Mengganti Paspor?

Lanjut Sigit, jika terjadi keterlambatan jadwal, masyarakat bisa memantau akun antrean paspor online secara berkala, dan bisa juga melalui akun media sosial masing-masing Kantor Imigrasi.

Masyarakat bisa juga melakukan pemantauan seperti update ketersediaan kapasitas antrean dan informasi pembukaan kuota antrean pada akun-akun media sosial tersebut.

Sigit menambahkan, jika suatu waktu aplikasi Antrean Paspor Online sulit diakses, hal ini karena banyaknya traffic pemohon yang mengakses aplikasi.

Baca juga: Bukan Perpanjangan, tapi Penggantian Paspor, Kenapa?

"Sehingga menyebabkan kendala dan sulit akses, dan ketika pemilihan jenis antrean pemohon seringkali secara otomatis jenis antreannya berbeda dengan jenis antrian yang dibutuhkan," kata Sigit.

"Misalnya ingin membuat paspor baru, tapi malah menjadi antrean untuk penggantian paspor," jelasnya.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X