Kompas.com - 06/03/2020, 08:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Promosi wisata domestik harus tetap dilakukan di tengah isu virus corona saat ini. Hal tersebut dianggap bagian dari upaya pemulihan.

Wakil Ketua Umum 1 Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Budijanto Ardiansyah, menegaskan promosi pariwisata tidak boleh dihentikan.

Apalagi, jika ingin mendongkrak kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) ke destinasi wisata seluruh Indonesia.

"Jadi jangan hilang kegiatan promosinya, karena masa-masa seperti inilah yang harus tetap melakukan promosi. Travel fair (juga) boleh saja tetap diadakan," kata Budijanto saat dihubungi Kompas.com, Selasa (3/3/2020).

Baca juga: Travel Agent Sebut Tidak Mudah Incar Wisnus untuk Solusi Wabah Corona

Selain promosi, ia menambahkan, beberapa hal dapat dilakukan agar wisata domestik terus berjalan, seperti terobosan baru dari setiap daerah.

Khusus terobosan baru, langkah ini dinilai perlu, sehingga tidak bergantung pada festival semata untuk mengundang wisatawan berkunjung.

"Misal, setiap daerah membuat gebrakan dengan menonjolkan tempat wisata baru," kata Budijanto.

Sementara itu, menurut Ketua ICCA Indonesia Raty Ning, masyarakat Indonesia juga harus diyakinkan jika penanganan virus corona berjalan dengan baik hingga saat ini.

Baca juga: Indonesia Tunda Promosi Pariwisata di Negara Terdampak Corona

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.