Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter Bagi-bagi Pola Hidup Sehat di Penerbangan Citilink, Ini 6 Tipsnya

Kompas.com - 06/03/2020, 10:10 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

BALI, KOMPAS.com - Citilink mengampanyekan pola traveling sehat dalam setiap penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Juanda Surabaya mulai Maret hingga April 2020.

Dalam penerbangannya, Citilink juga menghadirkan dokter yang akan menjelaskan pola hidup sehat kepada penumpang.

Kompas.com berkesempatan melihat pemaparan salah satu dokter yaitu Dejandra Deri yang ikut dalam penerbangan Citilink Jakarta-Denpasar pada Kamis (5/3/2020).

"Saya akan menjelaskan PHBS. Apa itu PHBS? PHBS adalah Pola Hidup Bersih Sehat," kata Dejandra kepada para penumpang.

Salah satu pemaparannya, Dejandra mengatakan, penumpang perlu menjaga kebersihan diri dengan cara mencuci tangan dengan air bersih, air mengalir, dan memakai sabun.

Baca juga: Kampanye Traveling Sehat ala Citilink, Berikan Jamu kepada Penumpang

Untuk lebih lengkap, berikut penjelasan 6 PHBS yang diberikan dokter Dejandra kepada para penumpang dalam kampanye traveling sehat Citilink.

1. Bersih

Polwan memberikan sosialisasi tata cara cuci tangan yang benar menggunakan cairan antiseptic kepada siswa Taman Kanak-kanak As-sholihien di Polres Bogor, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/3/2020). Edukasi cuci tangan untuk meningkatkan kesadaran kepada anak tentang pentingnya hidup bersih dan higienis demi mencegah penularan penyakit melalui tangan, khususnya berkaitan dengan pencegahan dini terhadap virus Corona (COVID-19).ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Polwan memberikan sosialisasi tata cara cuci tangan yang benar menggunakan cairan antiseptic kepada siswa Taman Kanak-kanak As-sholihien di Polres Bogor, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/3/2020). Edukasi cuci tangan untuk meningkatkan kesadaran kepada anak tentang pentingnya hidup bersih dan higienis demi mencegah penularan penyakit melalui tangan, khususnya berkaitan dengan pencegahan dini terhadap virus Corona (COVID-19).
Dejandra mengimbau penumpang untuk selalu menjaga kebersihan, salah satu caranya adalah dengan mencuci tangan hingga bersih.

"Caranya dengan pakai air bersih dan mengalir, lalu jangan lupa pakai sabun. Bisa juga pakai hand sanitizer," kata Dejandra.

Menurutnya, cara tersebut paling berguna untuk dilakukan tahapan awal mencegah virus. Sebab jika mencuci tangan, virus akan sulit masuk dalam tubuh kita melalui tangan.

Baca juga: KBRI Teheran Mendirikan Selter Sekaligus Posko Antisipasi Virus Corona

Mencuci tangan juga diperlukan karena manusia tidak akan pernah tahu virus bersembunyi.

"Virus itu ada di mana-mana, manusia enggak akan menyadarinya. Untuk itu kita perlu cuci tangan hingga bersih," lanjutnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com