Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/03/2020, 13:15 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Kasus virus corona sudah ditemukan di Indonesia. Hal tersebut membawa kekhawatiran pada masyarakat terutama dalam lingkungan kumpulan orang banyak.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, penyelenggara event Indofest dan Indofishing 2020 yang melakukan berbagai tindakan preventif.  

“Kami tetap optimis dengan situasi corona ini. Kita sudah melakukan konsultasi ke banyak pihak agar bisa mengantisipasi penyebaran virus corona saat event," jelas Chief Executive Officer COS Event, Disyon Toba, dalam acara press conference Indofest dan Indofishing 2020, Kamis (5/3/2020).

Baca juga: INDOFEST 2020 Kembali Digelar, Siap-siap Belanja dan Tambah Pengetahuan Wisata Outdoor

Disyon menyebutkan panitia Infonest dan Indofishing 2020 akan melakukan pengukuran suhu tubuh pengunjung dengan thermal detector.

"Bagi (pengunjung) yang demam tidak boleh masuk, juga yang batuk dan bersin,” jelas Disyon. 

Selain itu panitia juga menyediakan hand sanitizer di beberapa titik di area function room atau area publik. Ruang pameran juga akan disemport cairan disinfektan.

Tim medis akan bersiaga untuk mengantisipasi jika ada pengunjung yang menunjukkan gejala khusus. Pengunjung tersebut akan dibawa ke ruang isolasi yang tersedia.

Pengunjung melihat barang yang dijual dalam acara Indonesia Outdoor Festival (Indofest) 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis (12/5/2017). Indofest tahun keempat ini mengusung tema Embrace the Journey dan berlangsung hingga 6 Mei 2018 di Exhibition Hall B Jakarta Convention Center.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pengunjung melihat barang yang dijual dalam acara Indonesia Outdoor Festival (Indofest) 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis (12/5/2017). Indofest tahun keempat ini mengusung tema Embrace the Journey dan berlangsung hingga 6 Mei 2018 di Exhibition Hall B Jakarta Convention Center.

Panitia Indofest dan Indofishing juga menuebut akan menyediakan masker untuk pengunjung yang membutuhkan.

“Tim Indofest selalu berkoordinasi dengan sumber-sumber terpercaya terkait virus corona," tutur Ketua Pelaksana Indofest 2020, Eva Fitri Yeni. 

Koordinasi pantia dilakukan bersama Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dan manajemen Jakarta Convention Center.

Ambulans juga disediakan jika sewaktu-waktu dinutuhkan.

Baca juga: 10 Air Terjun di Bogor untuk Liburan Akhir Pekan

Baik Disyon maupun Eva mengaku tetap optimis dengan target 100.000 pengunjung Indofest pada 2020 ini.

Disyon menjelaskan bahwa para pengunjung Indofest adalah para pecinta alam yang tangguh.

“Dunia outdoor orangnya tangguh-tangguh ya. Beberapa tahun terakhir ini ekonomi melemah tapi mereka tetap saja datang dan semakin banyak jumlahnya,” kata Disyon.

“Karena ini dunia hobi. Ketika orang stress, orang senang, mereka melakukan hobinya. Kita harapkan situasi ini tidak membuat orang-orang mengurangi hobinya saja,” sambung dia.

Indofest dan Indofishing 2020 akan dilaksanakan di Hall A-B Jakarta Convention Center, pada 12-15 Maret 2020. Tiket masuk bisa dibeli melalui Tokopedia seharga Rp 40.000.

Baca juga: Digempur Isu Corona, Kenapa Promosi Wisata Domestik Tetap Perlu Berjalan?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com