Saatnya Liburan ke Bali, Hotel-hotel Tawarkan Promo dan Tarif Lebih Murah

Kompas.com - 07/03/2020, 15:07 WIB
Prosesi upacara Melasti di Pura Ulun Danu Beratan di Desa Candikuning, Kabupaten Tabanan, Bali, Senin (4/3/2019). Upacara Melasti dilaksanakan dalam rangkaian perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1941 yang jatuh pada tanggal 7 maret 2019 KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGProsesi upacara Melasti di Pura Ulun Danu Beratan di Desa Candikuning, Kabupaten Tabanan, Bali, Senin (4/3/2019). Upacara Melasti dilaksanakan dalam rangkaian perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1941 yang jatuh pada tanggal 7 maret 2019


JAKARTA, KOMPAS.com – Wabah virus corona membuat pariwisata dunia lesu. Tak terkecuali Bali yang memiliki market 19 persen wisatan asal China. 

Sekretaris Jenderal Indonesia Hotel General Manager Association, Bustamar Koto, mengatakan okupansi hotel atau tingkat hunian kamar hotel di Bali mengalami penurunan yang cukup signifikan.

“Bisa dikatakan penurunan lebih dari 30 persen," ujar Bustamar pada Kompas.com saat dihubungi Rabu (25/2/2020).

Ia menjelaskan tarif inap hotel sangat bergantung pada permintaan. Ketika permintaan turun, maka hotel akan menyesuaikan harga menjadi lebih murah.

Baca juga: Hotel-hotel di Bali Diskon Sampai 60 Persen di Online Travel Agent, Ada Apa?

"Apalagi Bali punya China market yang luar biasa ya, pasti terdampak besar,” jelas Bustamar. 

Hal serupa juga diungkapkan Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Haryadi Sukamdani. Pada Kompas.com ia mengatakan bahwa hotel memiliki sistem dynamic pricing.

Artinya, ketika sedang ada penurunan okupansi seperti saat ini, otomatis harga yang mereka tawarkan pun akan turun.

Jumlah penurunan harga berbeda-beda setiap hotel.

Melalui penelurusan Kompas.com, tingkat okupansi hotel-hotel di Bali saat ini hanya mencapai sekitar 30-50 persen saja.

“Harapan kami cukup besar untuk pergerakan wisatawan nusantara karena adanya penurunan ini untuk menambal wisatawan mancanegara yang hilang,” jelas Haryadi.

Baca juga: Sabtu Rebahan di Bali, Staycation Tenang di 5 Vila Bambu

Devils Tear di Nusa lembongan, Klungkung, BaliShutterstock Devils Tear di Nusa lembongan, Klungkung, Bali

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X