Hindari Daging Bebek yang Alot, Gunakan Bebek Muda

Kompas.com - 08/03/2020, 06:00 WIB
Ilustrasi daging bebek SHUTTERSTOCKIlustrasi daging bebek


JAKARTA, KOMPAS.com - Tak semua orang bisa mengolah bebek dengan baik dan benar. Terkadang daging bebek yang dimasak bertekstur keras dan bau.

Namun ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika memasak bebek untuk membuat dagingnya empuk dan tidak bau. Hal tersebut mudah dilakukan sendiri di rumah dengan bahan yang sederhana.

Baca juga: 5 Makanan Bali di Bebek Timbungan Restaurant, Ada Masakan Bebek Langka

Berikut tips mengolah bebek agar empuk dan tidak bau menurut Chef Ardian Wahyu Normansyah dari Four Points by Sheraton Pakuwon Indah.

Gunakan Bebek Muda

Menurut Chef Ardian, pemilihan usia bebek untuk diolah sangat penting. Pasalnya, usia bebek yang lebih muda akan memiliki daging yang cenderung lebih lembut dan tidak terlalu keras ketika dimasak.

Demikian pula dengan bebek yang sudah berumur tua, akan memiliki daging yang cenderung keras dan alot ketika sudah diolah nanti.

Bumbu pun akan sulit meresap serta membutuhkan waktu memasak yang lebih lama daripada bebek dengan usia muda.

Bersihkan Bebek

Setelah mendapatkan bebek, waktunya membersihkan. Setelah dicabuti semua bulu bebek sampai bersih, potong-potong bebek sesuai selera.

Lebih mudah jika membeli bebek yang sudah dicabuti bulunya dan dipotong sesuai ukuran yang diinginkan. Cuci bebek dengan air mengalir dan pastikan seluruh bagiannya sudah bersih.

Potong Bagian Ekor

Ketiga, potong bagian ekor. Seperti halnya ayam, bebek juga memiliki bagian ekor yang agak menonjol di ujung tulang belakangnya. Potong bagian tersebut hingga bersih dan tidak tersisa.

“Setelah bersih potong bagian belakangnya, bagian ekor bebek. Itu bagian yang bisa bikin bau ketika dimasak,” ujar Chef Ardian pada Kompas.com.

Apple Wood Roasted Peking Duck dengan Signature Cut khas Mott 32. 

Mott 32 Apple Wood Roasted Peking Duck dengan Signature Cut khas Mott 32.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X