Jumlah Hari Libur Indonesia Terlalu Banyak? Ini Perbandingannya dengan Negara Lain

Kompas.com - 10/03/2020, 13:29 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Republik Indonesia baru saja menambah jadwal hari libur dan cuti bersama tahun 2020 dari 20 menjadi 24 hari.

Bagi banyak orang, hal ini tentu menjadi kabar menggembirakan terlebih bagi mereka yang menyukai kegiatan traveling.

Lalu bagaimana dengan hari libur di negara lainnya? Apakah memiliki waktu hari libur yang lebih banyak atau sedikit dibandingkan Indonesia?

Kompas.com coba membandingkan jadwal libur di beberapa negara tetangga Indonesia, dan hasilnya Malaysia menjadi negara paling banyak memiliki jadwal hari libur dengan total lebih dari 50 hari.

Baca juga: Catat! Jadwal Tambahan 4 Hari Libur dan Cuti Bersama pada 2020

Sementara itu, negara di Asia Timur seperti China, Korea Selatan, dan Jepang memiliki waktu libur masing-masing 28 hari, 17 hari, dan 28 hari.

Eropa memiliki jadwal libur terbanyak yang datang dari negara Jerman yaitu 18 hari.

Namun jika ditambahkan dengan jatah cuti, justru negara Lithuania lah yang memiliki hari libur terbanyak dengan total jatah cuti 28 hari per tahunnya.

Amerika Serikat memiliki jadwal libur nasional paling sedikit di dunia yaitu 10 hari.
Berikut rangkuman Kompas.com tentang jadwal hari libur di beberapa negara dunia:

Baca juga: Itinerary Weekend di Jogja, 1 Hari Sekitar Keraton Yogyakarta

Ilustrasi liburan terencana Dok. PegiPegi Ilustrasi liburan terencana

1. Indonesia

Seperti diketahui bersama, pemerintah pada Senin (9/3/2020) baru saja menambah jadwal hari libur dan cuti bersama tahun 2020 dari 20 menjadi 24 hari.

Adapun jatah cuti pekerja diketahui sebanyak 12 hari per tahunnya. Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang No 13 tahun 2003 Pasal 79 ayat (2) yang berbunyi, seorang pekerja berhak atas cuti tahunan sekurang-kurangnya 12 hari kerja.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X