Italia Dikarantina karena Corona, Turis Indonesia Diimbau Tidak Datang ke Italia

Kompas.com - 10/03/2020, 16:59 WIB
Ilustrasi Italia. shutterstock.com/prochassonIlustrasi Italia.

JAKARTA, KOMPAS.com – Mulai hari ini (10/3/2020) Italia resmi memasuki hari pertama karantina seluruh negara demi melawan virus corona (Covid-19).

Terkait penutupan seluruh negara tersebut, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Roma memberi imbauan kepada warga negara Indonesia (WNI) yang akan dan sedang berada di Italia.

Baca juga: Italia Dikarantina, KBRI Roma Hentikan Sementara Layanan Konsuler

Berikut imbauan yang Kompas.com rangkum melalui laman resmi Instagram KBRI Roma, Selasa (10/3/2020):

1. Untuk sementara waktu tidak melakukan perjalanan ke Italia hingga terdapat pemberitahuan berikutnya.

2. Bagi WNI di Italia untuk tetap tenang, meningkatkan kewaspadaan, serta mengikuti ketentuan yang telah diputuskan Pemerintah Italia.

3. KBRI Roma untuk sementara menghentikan layanan kekonsuleran bagi warga negara asing (WNA) hingga terdapat pemberitahuan selanjutnya. Pelayanan Paspor dan SPLP bagi WNI dilakukan dengan perjanjian.

4. KBRI Roma terus melakukan pemantauan situasi dan kondisi di Italia paska pemberlakuan keputusan yang dimaksud. Dalam keadaan darurat, nomor Hotline Posko Penangan Covid-19 KBRI Roma adalah +393389234243.

Sebelumnya pada Senin (9/3/2020) lalu, Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, mengumumkan penutupan seluruh negara sebagai upaya pencegahan wabah virus corona (Covid-19).

Turis yang mengenakan masker melindungi dari paparan virus corona mengunjungi Piazza San Marco, di Venesia, Italia, 24 Februari 2020. ANDREA MEROLA Turis yang mengenakan masker melindungi dari paparan virus corona mengunjungi Piazza San Marco, di Venesia, Italia, 24 Februari 2020.

Italia lockdown

Penutupan seluruh negara yang diberlakukan di Italia karena hingga saat ini setidaknya terdapat lebih dari 9 ribu kasus positif virus corona di Roma. Sementara itu, terdapat 463 warga meninggal, dan 724 warga yang berhasil sembuh.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X