Raja Belanda Datang ke Indonesia, Ini Tempat Wisata yang Dikunjungi

Kompas.com - 10/03/2020, 19:34 WIB
Panorama Danau Toba dilihat dari The Kaldera. DOK. BIRO KOMUNIKASI PUBLIK KEMENPAREKRAF/BEKRIPanorama Danau Toba dilihat dari The Kaldera.

JAKARTA, KOMPAS.com - Atas undangan Presiden Joko Widodo, Raja Kerajaan Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia mulai hari ini Selasa-Jumat, 10-13 Maret 2020.

Mereka mengunjungi Jakarta, Yogyakarta, Kalimantan, dan Sumatera.

Rombongan Raja Belanda tiba di Indonesia melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Senin (9/3/2020).

Baca juga: Dikembalikan Belanda, Keris Pangeran Diponegoro Akan Disimpan di Museum

Kedatangan keduanya disambut oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartanto dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti berkunjung ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (10/3/2020).Kompas.com/Fitria Chusna Farisa Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti berkunjung ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (10/3/2020).

Hari pertama kunjungan, Jakarta dan Bogor

TMP Kalibata

Pada hari pertama kunjungan, Selasa (10/3/2020), Raja dan Ratu Belanda mengunjungi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Mereka tampak tiba bersama rombongan sekitar pukul 09.15 WIB.

Baca juga: Raja dan Ratu Belanda Letakkan Karangan Bunga di TMP Kalibata

Pantauan Kompas.com, Raja Willem mengenakan setelan jas berwarna hitam berdasi merah, sedangkan Ratu Maxima mengenakan gaun berwarna hijau muda.

Raja Belanda Willem-Alexander (kanan) dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti (kiri) menaruh karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Selasa (10/3/2020).ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY Raja Belanda Willem-Alexander (kanan) dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti (kiri) menaruh karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Usai disambut oleh jajaran Kementerian Luar Negeri, mereka langsung menuju tugu Monumen TMP.

Kemudian Brigjen TNI Syafruddin yang kini menjabat sebagai Kasgartap 1 Jakarta memimpin penghormatan dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta diiringi instrumen lagu "Gugur Bunga".

Baca juga: Jelang Kunjungan Raja Belanda, Karpet Merah Digelar di TMP Kalibata

Raja dan Ratu Belanda lantas menaruh karangan bunga di depan tugu monumen TMP Kalibata itu.

TMP Kalibata sendiri merupakan bangunan bersejarah, tempat memakamkan orang-orang yang telah berjasa bagi kesatuan Indonesia. Seperti pahlawan nasional dan veteran perang kemerdekaan Indonesia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X