Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Belanda ke Candi Prambanan, Ini Panduan Nonton Sendratari Ramayana Prambanan

Kompas.com - 11/03/2020, 19:02 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Dalam kunjungannya ke Indonesia, Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti bertandang ke Yogyakarta.

Mereka berkunjung ke Keraton Yogyakarta dan sejumlah tempat lain termasuk menyaksikan Sendratari Ramayana di Candi Prambanan.

Baca juga: Sejarah, Peraturan Unik dan Wisata Keraton Yogyakarta

Sendratari Ramayanan atau disebut juga Ramayana Ballet menjadi atraksi menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Baca juga: Viral di Twitter Netizen Debat Siapa Pendiri Candi Prambanan, Ini Sejarahnya

Menyaksikan kisah Ramayana dalam balutan seni drama dan tarian tanpa dialog. Kompas.com telah merangkum keistimewaan Sendratari Ramayana dan juga Candi Prambanan.

Candi Prambanan berlokasi di Jalan Raya Solo - Yogyakarta Nomor 16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman. Tiket untuk dewasa Rp 50.000 dan tiket masuk untuk anak-anak 25.000.

Candi Hindu terbesar di Asia Tenggara

Candi Prambanan dengan tinggi bangunan utama 47 meter.SHUTTERSTOCK/WINDU_DOLAN Candi Prambanan dengan tinggi bangunan utama 47 meter.

Candi Prambanan disebut sebagai candi Hindu terbesar di Asia Tenggara dengan tinggi bangunan utama sekitar 47 meter.

Bukan hanya satu, melainkan terdapat ratusan candi di kompleks Candi Prambanan. Terdapat lebih dari 250 candi kecil yang berada di lahan seluas 39,8 hektar.

Baca juga: Harga Tiket Masuk dan Akses Transportasi Umum ke Candi Prambanan

Terdapat 3 candi utama, 3 Candi Wahana, 2 Candi Apit, dan 8 Candi Patok di halaman utama. Sementara 244 Candi Perwara terletak di halaman kedua.

Melansir berita Kompas.com, Candi Prambanan dibangun pada masa pemerintahan dua raja, Rakai Pikatan dan Rakai Balitung Maha Sambu.

Namun demikian, candi yang didirikan lebih kurang abad ke-9 Masehi ini tak terlepas dari legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Candi ini disebut juga Candi Roro Jonggrang.

Sendratari Ramayana

Sendratari Ramayana berdasarkan kisah Ramayana pada relief Candi Prambanan.SHUTTERSTOCK/ALEKSANDAR TODOROVIC Sendratari Ramayana berdasarkan kisah Ramayana pada relief Candi Prambanan.

Menjelajahi Candi Prambanan, sempatkan juga untuk menyaksikan Sendratari Ramayana.

Lebih dari 200 penari dan pemain gamelan profesional terlibat dalam pertunjukan menakjubkan ini yang telah dilaksanakan sejak 1961.

Mengkombinasikan seni drama dan tari tanpa dialog, pertunjukan ini menceritakan kisah Ramayana seperti yang terpahat di Candi Prambanan.

Sendratari Ramayana, pertunjukan seni drama dan tari tanpa dialog di Candi Prambanan, Yogyakarta.SHUTTERSTOCK/RADITYA Sendratari Ramayana, pertunjukan seni drama dan tari tanpa dialog di Candi Prambanan, Yogyakarta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com