Dampak Virus Corona, Festival Songkran di Thailand Dibatalkan

Kompas.com - 11/03/2020, 22:04 WIB
Festival Songkran di Thailand. Dok. AstindoFestival Songkran di Thailand.

KOMPAS.com – Festival Songkran dan beberapa kegiatan lain yang diadakan di Khao San Road dan dua daerah lainnya dibatalkan tahun ini sebagai upaya mencegah tersebarnya virus corona (Covid-19).

Baca juga: Bukan Hanya Indonesia, Thailand Juga Beri Diskon Tiket Pesawat

Pada Senin (9/3/2020) lalu, Ketua Khaosan Business Association, Piyabutr Jeewaramonaikul, mengumumkan keputusan pembatalan pesta yang akan diadakan April mendatang.

Baca juga: 5 Wisata Populer di Chiang Mai Thailand, Salah Satunya Dipenuhi Sakura

Mengutip Bangkok Post, Rabu (11/3/2020), Jeewaramonaikul mengatakan bahwa acara yang akan mengumpulkan banyak orang tersebut dapat membuat terjadinya peningkatan kasus virus corona.

Baca juga: Seminggu Liburan di Thailand, Contek Itinerary Berikut

Warga Thailand dan wisatawan mancanegara berkumpul di Khao San Road untuk merayakan Songkran.SHUTTERSTOCK/NAYPONG STUDIO Warga Thailand dan wisatawan mancanegara berkumpul di Khao San Road untuk merayakan Songkran.

Tahun ini merupakan tahun kedua Festival Songkran dibatalkan. Tahun sebelumnya, event ini dibatalkan agar otoritas setempat menyiapkan area tempat untuk penobatan Raja Thailand.

Pesta Songkran di Khao San Road telah menjadi bagian dari festival sejak lebih dari empat dekade lamanya.

Banyak masyarakat Thailand dan wisatawan mancanegara turut meramaikannya dengan bermain air dan melakukan berbagai macam aktivitas.

Tahun Baru Thailan, warga Thailand dan wisman saat Festival Songkran di Tha Pae Gate.SHUTTERSTOCK/VIROJT CHANGYENCHAM Tahun Baru Thailan, warga Thailand dan wisman saat Festival Songkran di Tha Pae Gate.

Jeewaramonaikul mengatakan bahwa masyarakat di daerah Bang Lumphu dan Wisutkrasat juga setuju untuk membatalkan sejumlah kegiatan keagamaan dan lainnya seperti kontes kecantikan Songkran saat perayaan Tahun Baru Thailand.

Minggu ini, Administrasi Metropolitan Bangkok akan memutuskan apakah acara Songkran di ibu kota akan tetap dilaksanakan atau dibatalkan.

Festival Songkran di Silom, salah satu pesta perang air populer selama Songkran di Bangkok.SHUTTERSTOCK/ARTAPARTMENT Festival Songkran di Silom, salah satu pesta perang air populer selama Songkran di Bangkok.

Beberapa pesta Songkran yang terkenal diadakan di Pattaya, Bang Saen, Khon Kaen, dan pantai Patong di Phuket juga telah dibatalkan untuk mencegar penyebaran virus corona.

Kota Patong di Phuket juga telah membatalkan pesta Songkran mereka. Bahkan Phuket Bike Week yang rencananya akan digelar di Pantai Patong pada 11 – 18 April juga telah ditunda untuk sementara waktu.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X