Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Virus Corona, Festival Songkran di Thailand Dibatalkan

Kompas.com - 11/03/2020, 22:04 WIB
Nabilla Ramadhian,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Festival Songkran dan beberapa kegiatan lain yang diadakan di Khao San Road dan dua daerah lainnya dibatalkan tahun ini sebagai upaya mencegah tersebarnya virus corona (Covid-19).

Baca juga: Bukan Hanya Indonesia, Thailand Juga Beri Diskon Tiket Pesawat

Pada Senin (9/3/2020) lalu, Ketua Khaosan Business Association, Piyabutr Jeewaramonaikul, mengumumkan keputusan pembatalan pesta yang akan diadakan April mendatang.

Baca juga: 5 Wisata Populer di Chiang Mai Thailand, Salah Satunya Dipenuhi Sakura

Mengutip Bangkok Post, Rabu (11/3/2020), Jeewaramonaikul mengatakan bahwa acara yang akan mengumpulkan banyak orang tersebut dapat membuat terjadinya peningkatan kasus virus corona.

Baca juga: Seminggu Liburan di Thailand, Contek Itinerary Berikut

Warga Thailand dan wisatawan mancanegara berkumpul di Khao San Road untuk merayakan Songkran.SHUTTERSTOCK/NAYPONG STUDIO Warga Thailand dan wisatawan mancanegara berkumpul di Khao San Road untuk merayakan Songkran.

Tahun ini merupakan tahun kedua Festival Songkran dibatalkan. Tahun sebelumnya, event ini dibatalkan agar otoritas setempat menyiapkan area tempat untuk penobatan Raja Thailand.

Pesta Songkran di Khao San Road telah menjadi bagian dari festival sejak lebih dari empat dekade lamanya.

Banyak masyarakat Thailand dan wisatawan mancanegara turut meramaikannya dengan bermain air dan melakukan berbagai macam aktivitas.

Tahun Baru Thailan, warga Thailand dan wisman saat Festival Songkran di Tha Pae Gate.SHUTTERSTOCK/VIROJT CHANGYENCHAM Tahun Baru Thailan, warga Thailand dan wisman saat Festival Songkran di Tha Pae Gate.

Jeewaramonaikul mengatakan bahwa masyarakat di daerah Bang Lumphu dan Wisutkrasat juga setuju untuk membatalkan sejumlah kegiatan keagamaan dan lainnya seperti kontes kecantikan Songkran saat perayaan Tahun Baru Thailand.

Minggu ini, Administrasi Metropolitan Bangkok akan memutuskan apakah acara Songkran di ibu kota akan tetap dilaksanakan atau dibatalkan.

Festival Songkran di Silom, salah satu pesta perang air populer selama Songkran di Bangkok.SHUTTERSTOCK/ARTAPARTMENT Festival Songkran di Silom, salah satu pesta perang air populer selama Songkran di Bangkok.

Beberapa pesta Songkran yang terkenal diadakan di Pattaya, Bang Saen, Khon Kaen, dan pantai Patong di Phuket juga telah dibatalkan untuk mencegar penyebaran virus corona.

Kota Patong di Phuket juga telah membatalkan pesta Songkran mereka. Bahkan Phuket Bike Week yang rencananya akan digelar di Pantai Patong pada 11 – 18 April juga telah ditunda untuk sementara waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com