Wisata Nuansa Pedesaan di Jombang, Kunjungi Kampung Adat Segunung

Kompas.com - 12/03/2020, 18:05 WIB
Omah Kopi, salah satu tempat yang disiapkan warga Kampung Adat Segunung, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, untuk menjamu tamu yang ingin menikmati minum kopi di pedesaan. KOMPAS.COM/MOH. SYAFIÍOmah Kopi, salah satu tempat yang disiapkan warga Kampung Adat Segunung, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, untuk menjamu tamu yang ingin menikmati minum kopi di pedesaan.

JOMBANG, KOMPAS.com - Kampung Adat Segunung di Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, bisa menjadi alternatif untuk menikmati waktu libur.

Perkampungan penduduk di kawasan pegunungan Anjasmoro Wonosalam itu menawarkan  suasana perkampungan yang ramah, asri, dan menarik untuk dikunjungi.

Baca juga: Di Jombang Ada Warung Kikil Kesukaan Gus Dur, Seporsi Rp 15.000

Kampung Adat Segunung merupakan salah satu dari deretan destinasi wisata yang ada di wilayah Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Destinasi wisata berbasis lingkungan pedesaan di kawasan pegunungan ini siap memanjakan wisatawan yang berkunjung dengan aneka kuliner khas pedesaan maupun keramahan penduduk desa.

Baca juga: Mengenal Kopi Kawisari, Kopi Tertua dari Jawa Timur

Suasana di Kampung Adat Segunung, Desa Carang Wulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (7/3/2020).KOMPAS.COM/MOH. SYAFIÍ Suasana di Kampung Adat Segunung, Desa Carang Wulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (7/3/2020).

Ketua Kampung Adat sekaligus  Kepala Dusun Segunung, Giri Wijanarko mengungkapkan, sejak setahun terakhir perkampungan yang dihuni 800 lebih jiwa penduduk ini terus bersolek.

Permukiman penduduk yang berada di lembah pegunungan Anjasmoro ini tengah memperkuat eksistensi mereka sebagai salah satu destinasi wisata berbasis lingkungan pedesaan.

"Kampung ini memang kita desain sebagai kampung adat dengan memperkuat kearifan lokal," kata Giri kepada Kompas.com, Sabtu (7/3/2020).

Kuliner khas pedesaan

Wakil Bupati Jombang, Sumrambah (kanan), bersama Ketua Kampung Adat Segunung, Giri Winarko (kiri), saat mencoba menu kuliner khas pedesaan yang disiapkan di Kampung Adat Segunung, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (7/3/2020).KOMPAS.COM/MOH. SYAFIÍ Wakil Bupati Jombang, Sumrambah (kanan), bersama Ketua Kampung Adat Segunung, Giri Winarko (kiri), saat mencoba menu kuliner khas pedesaan yang disiapkan di Kampung Adat Segunung, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (7/3/2020).

Kampung Adat Segunung, beber Giri, menawarkan kuliner khas pedesaan antara lain nasi ampok atau nasi beras bercampur pecahan biji jagung, serta nasi bercampur ketela atau nasi tiwul.

Untuk sayur, para pengunjung atau wisatawan bisa mendapatkan menu sayur dari pohon talas, rebung, dan berbagai sayuran yang tersedia di lingkungan tempat tinggal warga.

Baca juga: Rekomendasi 8 Tempat Kuliner di Manado, Bubur Tinutuan sampai Dabu-dabu

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X