Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Danau Toba, Raja Belanda Kagum dengan Keindahan Indonesia

Kompas.com - 13/03/2020, 19:20 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti mengunjungi kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, Kamis (12/3/2020).

Dilansir dari Antara, setelah mendarat di Bandara Silangit, rombongan kenegaraan tersebut langsung bertolak ke Bukit Singgolomg, Tampahan, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Dalam kunjungan itu, Raja dan Ratu Belanda ditemani sejumlah pejabat pemerintah, salah satunya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Wishnutama Kusubandio.

"Mereka kagum dan sangat menikmati kebudayaan yang ada serta keindahan alam Indonesia. Di Danau Toba tadi bahkan sempat menyeberang ke Samosir," kata Wishnutama dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Raja Belanda ke Candi Prambanan, Promosi Pariwisata Gratis di Tengah Isu Corona

Selain menikmati pemandangan Danau Toba dan Pulau Samosir, keduanya juga mendapat penjelasan soal asal-usul dan sejarah danau vulkanik terbesar di dunia itu.

Raja dan Ratu Belanda berinteraksi dengan tokoh adat di SamosirPatrick van Katwijk Raja dan Ratu Belanda berinteraksi dengan tokoh adat di Samosir
Raja Willem Alexander dan Ratu Maxima juga disebut tampil begitu modis. Raja Willem mengenakan setelan jas berwarna keemasan, sedangkan Ratu Maxima tampil dengan dress berwarna peach bermotif bunga.

Baca juga: Raja Belanda Ambil Pesanan Baju Batik di Kampung Cyber Yogyakarta

Keduanya juga sempat melakukan sesi foto berlatar pemandangan Danau Toba. Setelah itu, mereka melanjutkan kunjungan ke Dusun Siambat Dalan, Kecamatan Tampahan.

Di sana, mereka melihat rumah adat Batak yang sudah berdiri sejak 310 tahun lalu. Mereka disambut dengan tarian Tor-Tor dan disematkan kain ulos yang mereka kenakan bersama.

Mereka juga sempat berinteraksi dengan tokoh masyarakat Desa Siambat Dalan. Sebelum bertolak ke Pulau Samosir lewat Pelabuhan Balige, Raja Willem dan Ratu Maxima mengunjungi Institut Teknologi DEL.

Baca juga: Intip Kamar Tempat Raja dan Ratu Belanda Menginap di Jakarta, Jendela Anti Peluru!

Di Samosir, mereka mengunjungi Eco Village Samosir, serta singgah di Hotel Inna Parapat sebelum kembali ke Belanda melalui Bandara Internasional Kualanamu.

Kunjungan kenegaraan ini dilakukan untuk meningkatkan kerja sama bilateral di bidang ekonomi dan peningkatan sumber daya manusia.

Dalam kunjungan ini, Raja Willem Alexander dan Ratu Maxima juga membawa empat menteri dan sekitar 200 delegasi pengusaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com