21 Tempat Wisata Jakarta Ditutup, Masyarakat Diimbau Berlibur di Rumah

Kompas.com - 14/03/2020, 07:30 WIB
Tidak hanya berfungsi sebagai landmark Kota Jakarta, Tugu Monas juga memiliki beberapa obyek wisata di dalamnya, Jakarta, Rabu (29/1/2020). kompas.com / Nabilla RamadhianTidak hanya berfungsi sebagai landmark Kota Jakarta, Tugu Monas juga memiliki beberapa obyek wisata di dalamnya, Jakarta, Rabu (29/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemprov DKI Jakarta memutuskan menutup 21 tempat wisata selama 14 hari mulai Sabtu (14/3/2020).

Penutupan dilakukan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19. Kebijakan penutupan tersebut juga diikuti imbauan kepada masyarakat agar tetap di rumah.

"Ini sebenarnya adalah imbauan pak gubernur kepada masyarakat untuk jangan bepergian. Berliburnya di rumah saja, misal, nonton televisi," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (13/3/2020).

"Kalau tidak terlalu penting, sebaiknya tidak usah pergi ke tempat ramai," lanjutnya. 

Imbauan untuk tetap di rumah bukan tanpa alasan. Cucu memberi contoh jika seseorang pergi ke mal, ia tidak akan tahu kondisi orang lain yang berpapasan--sakit atau sehat.

Oleh karena itu, disarankan mengurangi aktivitas bepergian ke luar rumah.

Baca juga: Cegah Corona, Ini 21 Tempat Wisata di Jakarta yang Tutup

Sementara itu, Cucu menuturkan, selama penutupan sementara, 21 tempat wisata tersebut akan dibersihkan secara menyeluruh dengan disinfektan.

Pembersihan menggunakan disinfektan disebut sebagai langkah meminimalisir penyebaran virus corona.

Terkait pemilihan periode penutupan sementara, menurutnya, hal tersebut mengikuti masa inkubasi virus corona, yakni selama dua minggu.

Baca juga: Taman Bunga Celosia, Tempat Wisata Instagramable Baru di Aceh Besar

Sejumlah petugas Penanganan Prasarana Sarana Umum (PPSU) DKI Jakarta mencoba wahana permainan saat berwisata di Dufan, Ancol, Jakarta, Senin (22/7/2019). Wisata gratis bagi 20 ribu petugas PPSU tersebut  sebagai bentuk penghargaan kepada petugas yang telah menjaga kebersihan Ibu Kota.ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A Sejumlah petugas Penanganan Prasarana Sarana Umum (PPSU) DKI Jakarta mencoba wahana permainan saat berwisata di Dufan, Ancol, Jakarta, Senin (22/7/2019). Wisata gratis bagi 20 ribu petugas PPSU tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada petugas yang telah menjaga kebersihan Ibu Kota.
Kendati demikian, periode penutupan sementara beberapa tempat wisata di kemudian hari akan tergantung pada perkembangan virus.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X