Kompas.com - 14/03/2020, 22:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Museum Mandiri yang berada di Jalan Lapangan Stasiun Nomor 1, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat ditutup untuk sementara waktu.

Diketahui bahwa sejumlah tempat wisata di Jakarta ditutup sementara untuk mencegah penyebaran virus corona ( Covid-19 ).

Baca juga: 21 Tempat Wisata Jakarta Ditutup, Masyarakat Diimbau Berlibur di Rumah

Beberapa destinasi wisata populer di Jakarta yang tutup sementara adalah Kota Tua, Ancol, Museum MACAN, dan kawasan Monumen Nasional (Monas).

Baca juga: Museum MACAN Ditutup untuk Cegah Virus Corona

Dilansir dari akun Instagram resmi Museum Mandiri, Sabtu (14/3/2020), penutupan dilakukan pada 14-29 Maret 2020.

“Selama proses penutupan, akan dilakukan pembersihan dengan sterilisasi dan disinfektan di seluruh area untuk pencegahan terhadap penularan Covid-19,” dilansir dari akun Instagram resmi Museum Mandiri.

Baca juga: Cegah Corona, Ini 21 Tempat Wisata di Jakarta yang Tutup

Bagian dalam salah satu ruangan di Museum Mandiri, Jakarta, (14/1/2019).SHUTTERSTOCK/BANGOLAND Bagian dalam salah satu ruangan di Museum Mandiri, Jakarta, (14/1/2019).

Kebijakan penutupan sementara dan sterilisasi di seluruh area museum dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Sejauh ini, terdapat 24 tempat wisata di Jakarta yang mengalami penutupan sementara.

Baca juga: TMII Hanya Tutup Anjungan DKI Jakarta, Anjungan Lain Bagaimana?

Kendati jangka waktu penutupan hanya dua minggu, tetapi keputusan selanjutnya mengenai operasional tempat wisata di Jakarta tergantung pada kondisi virus corona.

Seorang balerina melakukan photo shoot di salah satu ruangan Museum Mandiri, Jakarta, (13/10/2019).SHUTTERSTOCK/STUDIOJASSMERAH Seorang balerina melakukan photo shoot di salah satu ruangan Museum Mandiri, Jakarta, (13/10/2019).

Cucu Ahmad Kurnia, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, mengatakan bahwa perkembangan virus yang dipantau oleh tim kewaspadaan Covid-19 akan memengaruhi keputusan ke depan terkait wisata di Jakarta.

“Mereka (tim kewaspadaan Covid-19) yang akan mengambil keputusan untuk langkah-langkah selanjutnya. Kami hanya eksekutor di sini,” tutur Cucu saat dihubungi Kompas.com, Jumat (13/3/2020).

Baca juga: Panduan Lengkap Menghadapi Wabah Virus Corona

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.