Mulai Hari Ini, Observatorium Bosscha Bandung Tutup Sementara

Kompas.com - 15/03/2020, 15:02 WIB
Observatorium Bosscha Bandung Shutterstock/Amirudin RidloObservatorium Bosscha Bandung


JAKARTA, KOMPAS.com - Observatorium Bosscha menutup kunjungan umum mulai hari ini, Minggu (15/3/2020) hingga waktu yang belum ditentukan. Pengumuman tersebut disampaikan melalui keterangan pers Jumat (13/3/2020).

Baca juga: Museum Maritim Indonesia Tutup Sementara, Cegah Penyebaran Corona

Keterangan pers dari Bosscha tersebut menyatakan penutupan merupakan hasil dari dua pertimbangan terkait penyebaran virus corona di Indonesia.

"Status pandemi COVID-19 serta penyebaran virus yang sedang meningkat di Indonesia, dan observatorium Bosscha menerima pengunjung, terutama kelompok siswa dan siswi sekolah, dalam jumlah besar yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia," tulis Observatorium Bosscha.

Refraktor ganda Zeiss sumbangan KAR Bosscha di Observatorium Bosscha, Lembang, Bandung Barat. KOMPAS/MOHAMMAD HILMI FAIQ Refraktor ganda Zeiss sumbangan KAR Bosscha di Observatorium Bosscha, Lembang, Bandung Barat.

Instruksi penutupan juga telah berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan COVID-19 pada satuan pendidikan, serta imbauan dari Institut Teknologi Bandung.

Bagi pengunjung yang telah melakukan reservasi kunjungan pada rentang waktu mulai 15 Maret 2020 akan dibatalkan secara sepihak.

Selain itu, layanan pendaftaran ditutup mulai hari ini, Minggu (15/3/2020).

Pihak Observatorium Bosscha mengucapkan terima kasih dan berharap dukungan, kerjasama, dan pemakluman dari semua pihak sebagai upaya bersama dalam menjaga kesehatan.

Salah seorang astronom dari Observatorium Bosscha saat memantau gerhana bulan total, Rabu (31/1/2018).KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI Salah seorang astronom dari Observatorium Bosscha saat memantau gerhana bulan total, Rabu (31/1/2018).

Selain, Bosscha tempat wisata lain di Kota Bandung juga dikabarkan ditutup. Pantauan Kompas.com sejak diterbitkan surat edaran Walikota Bandung, Oded M Danial beberapa area publik milik pemerintah Bandung juga ditutup mulai Minggu (15/3/2020).

Baca juga: Daftar Terbaru, 24 Tempat Wisata di Jakarta yang Tutup karena Cegah Corona

Adapun area publik tersebut di antaranya Alun-alun Bandung, Taman Kota, Bandung Planning Gallery, Museum Kota Bandung, Bandung Creative Hub, Bandung Command Center, sarana olahraga, dan lainnya.

Sementara itu, hingga kini beberapa tempat wisata yang biasa dikunjungi wisatawan di Bandung seperti The Great Asia Afrika, Farmhouse, The Lodge Maribaya, dan Trans Studio Bandung tetap dibuka untuk umum.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X