KBRI Madrid Beri Imbauan kepada WNI Terkait Kasus Corona di Spanyol

Kompas.com - 15/03/2020, 16:21 WIB
Wilayah pesisir Costa Brava di Spanyol. shutterstock.com/nikovWilayah pesisir Costa Brava di Spanyol.

JAKARTA, KOMPAS.com  - KBRI Madrid memberikan imbauan kepada seluruh warga negara Indonesia terkait kasus corona ( Covid-19 ) di Spanyol.

Baca juga: Imbauan KBRI Lisabon untuk WNI di Portugal Terkait Wabah Virus Corona

Imbauan ini diberitahukan dalam surat edaran (5), dengan judul Terkait Penyebaran Virus  Corona (COVID-19) di  Spanyol, Nomor 0144/PSB/III/2020. Surat edaran tersebut diunggah di Instagram resmi KBRI Madrid, @indonesiainmadrid.

Baca juga: 5 Kota Pesisir bak Negeri Dongeng di Spanyol

Sehubungan dengan lonjakan kasus penyebaran virus corona di Spanyol yang semakin meluas, KBRI Madrid mengimbau seluruh warga negara Indonesia agar terus mengikuti perkembangannya di wilayah tinggal masing-masing dari sumber resmi. 

Baca juga: Catatkan 1.500 Kasus Virus Corona dalam Sehari, Spanyol Bakal Umumkan Darurat Nasional

Warga Indonesia di Spanyol juga diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesehatan diri.

Langkah menjaga kesehatan dan kebersihan dapat dilakukan dengan lebih sering mencuci tangan dengan sabun disinfektan atau hand sanitizer berbasis alkohol.

Baca juga: Terlarang untuk Pria, Hotel Khusus Perempuan Pertama di Spanyol Dibuka

Lalu membersihkan tempat tinggal dan peralatan kerja dan menghindari kerumunan, serta kontak dekat dengan siapa pun yang menderita demam dan batuk.

Arsitektur pemukiman masyarakat di wilayah El Cabanyak, Valencia, SpanyolShutterstock.com Arsitektur pemukiman masyarakat di wilayah El Cabanyak, Valencia, Spanyol

Selain itu, warga Indonesia di Spanyol juga tidak direkomendasikan untuk melakukan perjalanan ke wilayah Spayol yang terjangkit virus corona.

Kawasan yang terjangkit di antaranya Andalucia, Aragón, Asturias, Baleares, Canarias, Cantabria, Castilla y León, Castilla-La Mancha, Cataluña, dan Comunidad Valenciana.

Area lain yang juga terinfeksi virus corona ada Extremadura, Galicia, Madrid, Navarra, País Vasco, La Rioja, Melilla, dan wilayah lain yang dikhawatikan berpotensi terdapat penyebaran virus corona.

Baca juga: Perancis Siaga 2, KBRI Paris Kembali Imbau WNI Terkait Virus Corona

Downtown Madrid, Spanyol. Tempat di mana the Calle de Alcala bertemu the Gran Via. Kawasan ini salah satu spot terkenal di Madrid.SHUTTERSTOCK/LUCVI Downtown Madrid, Spanyol. Tempat di mana the Calle de Alcala bertemu the Gran Via. Kawasan ini salah satu spot terkenal di Madrid.

Selanjutnya, bagi WNI yang tinggal di wilayah yang terjangkit virus corona, diimbau untuk tetap di rumah.

Selalu mengikuti arahan dan ketentuan pencegahan penyebaran virus corona yang telah ditetapkan oleh pemerintah Spanyol dan pemerintah daerah setempat, serta senantiasa meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan KBRI Madrid.

Apabila terdapat warga negara Indonesia di wilayah Spanyol yang mengalami indikasi terjangkit wabah virus corona, agar segera menghubungi dinas kesehatan dan rumah sakit terdekat atau perwakilan RI di Madrid.

Nomor dan surel yang dapat dihubungi ialah:

Baca juga: Panduan Lengkap Menghadapi Wabah Virus Corona

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X