Daftar 10 Tempat Wisata di Solo yang Tutup untuk Cegah Penyebaran Corona

Kompas.com - 15/03/2020, 18:56 WIB
Warga memadati kawasan Pasar Gede yang dihiasi dengan lampion di Solo, Jawa Tengah, Kamis (16/1/2020). Panitia Imlek Solo memasang ribuan lampion di kawasan Pasar Gede untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek sekaligus menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Kota Solo. ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHAWarga memadati kawasan Pasar Gede yang dihiasi dengan lampion di Solo, Jawa Tengah, Kamis (16/1/2020). Panitia Imlek Solo memasang ribuan lampion di kawasan Pasar Gede untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek sekaligus menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Kota Solo.


JAKARTA, KOMPAS.com - Usai Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menyatakan kejadian luar biasa terhadap virus corona, Jumat (13/3/2020), enam tempat wisata di Solo dikabarkan ditutup sejak Sabtu (14/3/2020).

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta, Hasta Gunawan ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (15/3/2020). Keenam tempat wisata tersebut ditutup sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona.

"Begitu diumumkan pada Jumat malam, hari Sabtu dan Minggu beberapa destinasi tutup seperti Radya Pustaka, Museum Keris, Museum Kraton Kasunanan, Balekambang, Museum Batik Danar Hadi, Taman Satwa Taru Jurug, Pura Mangkunegaran, atraksi Ketoprak dan Wayang Orang Sriwedari," kata Hasta.

Ia melanjutkan jika pihaknya tengah memantau beberapa tempat wisata yang masih buka dengan cara pemberian antiseptik untuk mencegah penyebaran virus corona.

Baca juga: Solo Ditetapkan KLB Corona, Wali Kota Sebut Itu Bentuk Keseriusan Pemerintah

"Beberapa lainnya masih buka namun ketat mengajak pengunjung menggunakan antiseptik untuk mencegah corona," ujarnya.

Hasta mengatakan beberapa tempat wisata yang masih dibuka itu akan ditutup serentak mulai 16 hingga 31 Maret 2020.

Ia mengatakan akan memberikan surat edaran Kepala Dinas Pariwisata terkait penutupan tempat tersebut.

Ia juga tetap mengimbau wisatawan yang berkunjung ke beberapa tempat wisata yang masih dibuka untuk menghindari kontak tangan atau badan, serta cuci tangan menggunakan sabun atau antiseptik.

Berikut daftar tempat wisata pantauan pemkot Solo dan satu tempat wisata swasta di Solo yang ditutup untuk cegah corona:

Wayang koleksi Museum Radya Pustaka di Jalan Slamet Riyadi, Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (3/8/2018).KOMPAS.com/Labib Zamani Wayang koleksi Museum Radya Pustaka di Jalan Slamet Riyadi, Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (3/8/2018).

1. Museum Radya Pustaka

Museum yang didirikan oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV pada 18 Oktober 1890 ini beralamat di Jalan Slamet Riyadi Nomor 275, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X