Cegah Penyebaran Corona di Jawa Tengah, 12 Tempat Wisata di Empat Kabupaten/Kota Ditutup

Kompas.com - 15/03/2020, 21:47 WIB
Museum Radya Pustaka berlokasi di Jalan Slamet Riyadi, Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (3/8/2018). KOMPAS.com/Labib ZamaniMuseum Radya Pustaka berlokasi di Jalan Slamet Riyadi, Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (3/8/2018).


JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah, Sinoeng Nugroho Rachmadi mengatakan terdapat 12 destinasi wisata di empat kabupaten/kota di Jawa Tengah yang ditutup untuk mencegah penyebaran virus corona ( Covid-19 ).

"Hingga hari ini Minggu pukul 16.00 WIB, kami baru mencatat 12 destinasi di antaranya Kota Solo ada delapan, Kota Wonogiri ada satu, kabupaten Sragen satu, Karanganyar satu, dan Kabupaten Magelang satu," kata Sinoeng saat dihubungi Kompas.com, Minggu (15/3/2020).

Sinoeng juga menjelaskan beberapa tempat wisata tersebut di antaranya Solo yaitu Taman Balekambang, Museum Keris Solo, Museum Radya Pustaka, dan Museum Kraton Kasunanan.

Selanjutnya Pura Mangkunegaran, Wayang Orang Sriwedari, Taman Satwa Jurug, dan Museum Batik Danar Hadi.

Selain itu, di Kota Wonogiri tempat wisata yang ditutup adalah Museum Karst, Kabupaten Sragen yaitu Museum Sangiran.

Sementara itu Museum Manusia Purba Klaster Dayu di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah juga ditutup untuk umum.

Candi Borobudur di Kabupaten Magelang pun juga turut ditutup tetapi hanya zona satu saja.

"Zona dua dan zona tiga boleh dikunjungi wisatawan. Beberapa lingkungan di sekitar Candi Borobudur seperti stupa dan lainnya itu akan disemprotkan disinfektan," ujar Sinoeng.

Adapun penutupan destinasi tersebut dimulai sejak Sabtu (14/3/2020) hingga 30 Maret 2020.

"Jadi bervariasi mereka penutupannya, ada yang dari Sabtu kemarin. Sementara yang lainnya rata-rata hari ini baru ditutup. Mereka tutup rata-rata sampai tanggal 29 Maret," jelasnya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X