Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Virus Corona, Perpustakaan Nasional Tutup Selama 2 Minggu

Kompas.com - 16/03/2020, 07:43 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI ditutup selama dua minggu, 16 Maret-29 Maret 2020. Penutupan tersebut bagian dari peningkatkan kewaspadaan terhadap risiko penyebaran virus corona ( Covid-19 ).

Baca juga: Update: Daftar 30 Tempat Wisata di Jakarta yang Tutup untuk Cegah Penyebaran Corona

"Demi meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan penyebaran Covid-19 maka layanan Perpustakaan Nasional ditutup sementara namun akses layanan perpustakaan tetap dapat dinikmati melalui aplikasi perpustakaan digital," terang Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando, Minggu (15/3), seperti siaran pers yang diterima Kompas.com.

Namun masyarakat masih bisa menikmati layanan perpustakaan melalui aplikasi Perpustakaan Digital.

Baca juga: Cegah Virus Corona, NTB Tutup Sementara Pelayaran ke 3 Gili

 

Adapun aplikasi digital yang dimiliki Perpusnas, seperti iPusnas, Akses Layanan ISBN, e-Resources, e-Deposit, Khastara, dan One Search.

"Kemudahan akses tetap kami berikan kepada masyarakat tanpa harus mengunjungi layanan Perpusnas. Jadi, masyarakat tetap bisa membaca meski saat ini terjadi pandemi Covid-19," ujar Syarif.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Pelni Tunda Sementara Layanan Loket di Kantor Pusat

Selain itu, "Diskusi Kesejarahan #1: Bung Karno sebagai Arsitek" yang sedianya berlangsung hari ini, Senin (16/3/2020), batal dilaksanakan.

Perpustakaan Nasional memiliki 24 lantai dan fasilitas modern, (13/5/2019).SHUTTERSTOCK/LILYANTI LILYANTI Perpustakaan Nasional memiliki 24 lantai dan fasilitas modern, (13/5/2019).

Sebelum ditutup, Perpustakaan Nasional menerapkan sejumlah langkah untuk cegah penyebaran virus corona.

Bagi setiap orang, seperti pengunjung dan pegawai, yang masuk ke gedung Perpusnas dicek suhu tubuhnya. Perpusnas juga menyediakan hand sanitizer di setiap lantai gedung.

Tak hanya Perpusnas, sejumlah tempat wisata di Jakarta juga ditutup untuk mencegah penyebaran virus corona.

Ilustrasi orang sedang berkunjung dan belajar di Perpusnas Jakarta, (2/2019).SHUTTERSTOCK/SONY HERDIANA Ilustrasi orang sedang berkunjung dan belajar di Perpusnas Jakarta, (2/2019).

Dari rangkuman Kompas.com, hingga Minggu (15/3/2020), terdapat setidaknya 26 tempat wisata yang menutup kunjungan umum.

Hal tersebut berkaitan dengan imbauan Pemprov DKI Jakarta agar masyarakat menjaga jarak dari kerumunan dan lakukan social distancing measures.

Baca juga: Cegah Penyebaran Corona, 12 Tempat Wisata di Bandung Berikut Ditutup

Ikuti peliputan dari hari ke hari tentang wabah ini dalam Liputan Khusus Wabah Virus Corona dan Indonesia Positif Terinfeksi Virus Corona di Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com